RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 7 AGUSTUS 2020)

renungan harian

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 7 AGUSTUS 2020
PEKAN BIASA XVIII (WARNA LITURGI HIJAU)

St. Sixtus II; St. Arfa
BACAAN I: Nah. 1:15;2:2;3:1-3.6-7
MAZMUR: Ul. 32:35cd-36ab.39abcd
BACAAN INJIL: Mat.16:24-28

Injil Matius 16:24-28
Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

RENUNGAN:
Untuk menjadi seorang murid Yesus atau yang mau menjalani hidup bersama-Nya, Yesus menegaskan bahwa jalan yang harus ditempuh adalah penyangkalan diri dan jalan salib. Dia sendiri menempuh jalan ini. Maka, murid yang mau berpikir, berperasaan, dan sehati dengan Tuhan Yesus Sang Guru, juga perlu mempersiapkan diri untuk menempuh cara hidup demikian. Para murid diharapkan meninggalkan ambisi pribadi dan egoisme mereka untuk menemukan kehidupan sejati bersama Yesus. Pelayanan kasih memerlukan kerelaan untuk membagikan kehidupan dengan sesama. Dengan demikian, orang menemukan hidup dalam kepenuhannya.
Memang mengikuti jalan Tuhan itu tidak selalu mengenakan. Sebagai murid pastilah senang jika dalam mengikuti Guru-Nya tidak harus menyangkal diri dan memikul salib penderitaan. Tetapi justru itu yang harus dijalani dan ini pastilah sulit untuk dilaksanakan. Namun, kita percaya, sebagai seorang beriman, Allah pasti akan menolong. Seperti pertolongan dalam penyelamatan bangsa Israel menjadi nyata seperti dikatakan Nabi Nahnum, “Lihatlah, diatas gunung berjalan orang yang membawa berita, yang mengabarkan berita damai sejahtera. Rayakanlah pesta-pestamu, hai Yehuda, bayarlah nazarmu! Sebab orang dursila takkan datang lagi menyerang engkau; ia telah dilenyapkan sama sekali”. Sekali lagi Tuhan pasti menolong karena Dia mencintai umat-Nya.
Ya Tuhan Allah, curahkanlah rahmat-Mu senantiasa kepada kami agar kami dapat mengikuti Putra-Mu Yesus Kristus dengan penyangkalan diri dan menyusuri jalan salib. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 7 AGUSTUS 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel