RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 22 JULI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RABU, 22 JULI 2020
PEKAN BIASA XVI (Warna Liturgi Putih)
Pesta St. Maria Magdalena
BACAAN I: Kid. 3:1-4a
MAZMUR: 63:2.3-4.5-6.8-9
BACAAN INJIL: Yoh. 20:1.11-18

Injil Yohanes 20:1.11-18
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan." Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya." Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!," artinya Guru. Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

RENUNGAN:
Hari ini kita merayakan Pesta St. Maria Magdalena. Yesus Kristus mengasihi Maria Magdalena. Ia tidak melihat masa lalu Maria yang pernah dikuasai oleh tujuh roh jahat dan mendapat penyembuhan total dari Tuhan Yesus Kristus. Sebagai jawaban Maria Magdalena adalah mengasihi Tuhan Yesus secara total, memiliki kerinduan besar untuk bersatu dengan Yesus Kristus. Berkaitan dengan ini, Paus Fransiskus mengatakan bahwa Maria Magdalena adalah sebuah teladan Evangelisasi sejati dan otentik. Ia adalah pewarta Injil yang mewartakan pesan utama dari Paskah Kristus, sumber keselamatan kita. Dia menjadi wanita kudus, yang menginspirasi kita untuk memahami sebuah kerinduan tentang kerahiman Allah.
Kisah Maria Magdalena mengajarkan kita dua hal pokok. Pertama, kesadaran sebagai manusia berdosa dan mau dibebaskan dari belenggu dosa. Sikap ini menggerakan kita untuk datang pada Yesus mohon pengampunan dari Tuhan sangat mencintai jiwa-jiwa yang merindukan pengampunan Allah. Pintu rahmat Allah sangat terbuka lebar-lebar bagi orang yang bertobat. Kedua, Tuhan tidak mengingat masa lalu kita yang kelam. Ia hanya mengasihi orang yang sungguh-sungguh mau bertobat dan mengutus kita menjadi saksi kebenaran Injil. Inilah jalan keselamatan yang disediakan Tuhan bagi kita, asal kita mau bertobat, kita akan diperkenankan memandang Allah dari muka ke muka dan mengalami kebangkitan bersama Dia.
Tuhan Yesus, kami datang kepada-Mu membawa segala dosa dan beban penderitaan kami. Ampunilah kami Tuhan, dan selamatkanlah kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 22 JULI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel