RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS, 23 JULI 2020 (PEKAN BIASA XVI)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 23 JULI 2020
PEKAN BIASA XVI (Warna Liturgi HIJAU)
Sta. Brigita; Sta. Apolinaris
BACAAN I: Yer.2:1-3.7-812-13
MAZMUR: 36:6-7ab.8-11
BACAAN INJIL: Mat. 13:10-17

Injil Matius 13:10-17
Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?" Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka. Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

RENUNGAN:
“Aku telah membawa kamu ke tanah yang subur untuk menikmati buahnya dan segala yang baik dari padanya. Tetapi segera setelah kamu masuk, kamu menajiskan tanah-Ku; tanah milik-Ku telah kamu buat menjadi kekejian” (Yer.2:7). Namun bangsa pilihan itu membalas sebaliknya: mereka durhaka, menyembah baal, dewa bangsa asing dan melupakan Tuhan yang telah menunjukan kebaikan dan belas kasih-Nya.
Perumpamaan mengenai seorang penabur yang menabur benih, mau mengingatkan kita akan Tuhan yang senantiasa memberikan kesempatan kepada setiap pribadi untuk berumbuh menghasilkan buah yang baik. Syarat untuk itu adalah mendengarkan dan melaksanakan dengan sungguh sabda-Nya. Kemampuan kita mendengar bisikan-bisikan Tuhan melalui terang sabda-Nya akan menuntun kita pada kebahagiaan hidup. Kita mampu mengarahkan bahtera hidup kita pada tujuan yang benar. Dengan demikian, hidup yang dititipkan Tuhan ini menjadi lebih bermakna.
Ya Tuhan, bantulah kami agar menaruh perhatian dan hormat yang sungguh akan warta sabda-Mu yang membawa keselamatan dan kebahagiaan. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS, 23 JULI 2020 (PEKAN BIASA XVI)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel