RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 21 JULI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SELASA, 21 JULI 2020
PEKAN BIASA XVI (Warna Liturgi HIJAU)

Sta. Agnes; St. Augurius dan Eulogius
BACAAN I: Yes.7:1-9
MAZMUR: 48:2-3a.3b-4.5-6.7-8
BACAAN INJIL: Mat. 11:20-24

Injil Matius 11:20-24
Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

RENUNGAN:
Mikha berdoa mengharapkan belas kasih Allah bagi umat-Nya. Doa yang didasari oleh keyakinan Allah yang sungguh-sungguh mampu berbuat ‘keajaiban’, yang telah ditunjukan dalam sejarah keselamatan bangsa Israel, Allah yang sudi mengampuni umat-Nya, Allah yang setia pada janji-janji-Nya. Pada Tuhan seperti itulah doa disampaikan. Pemazmur juga memaklumkan keadilan yang dbuat Allah dalam mengadili perkara umat-Nya.
Allah yang hadir dalam diri Yesus, bagi Matius bukanlah Allah yang bersemangat ‘nepotisme’, yang sering membelokan rasa keadilan hukum. Namun, Allah yang menyatakan sikap secara benar dan tepat, bahwa keadilan berlaku bagi siapapun karena perbuatan benar yaitu melakukan kehendak-Nya. Itulah yang harus dilakukan setiap orang yang mengakui beriman kepada Tuhan Yesus.
Selain itu, perikop ini mengajarkan kita untuk tidak mengkerdilkan ikatan persaudaraan itu pada hubungan gen semata. Tetapi, ikatan persaudaraaan karena berman kita pada pokok anggur yang sama yaitu Yesus Kristus. Kita bersaudara karena kita sama-sama bertindak yang baik, yang sesuai dengan kehendak Bapa yang sama, yaitu Bapa di surga. “Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku disurga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku”.
Tuhan, bimbinglah kami untuk semakin menyelaraskan hidup kami pada kehendak-Mu dan berpihak pada kebenaran yang Engkau ajarkan. Amin  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 21 JULI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel