RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 15 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENIN, 15 JUNI 2020
PEKAN BIASA XI (Warna Liturgi HIJAU)
St. Virtus; St. Modestus
BACAAN I: 1Raj. 21:1-16
MAZMUR: 5:2-3.5-6.7
BACAAN INJIL: Mat. 5:38-42

Injil Matius 5:38-42
Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

RENUNGAN:
Seorang sahabat beragama Muslim pernah memberikan kesaksian: “Saya suka berteman dan bergaul dengan orang Katolik”. Mereka tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Tetapi sebaliknya, selalu membalas kejahatan dengan kebaikan dan pengampunan”. Kesaksian yang sangat jujur dan terbuka ini tidak hanya membuat bangga menjadi orang Katolik, tetapi sekaligus menantang kita untuk tetap berusaha tidak balas denda, sekalipun menyakitkan.
Bagi kita, para pengikut Yesus, hukum mata ganti mata, gigi ganti gigi, bukan menjadi ciri hidup kristiani. Ciri hidup kristiani adalah “...siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu...”. Kebancian hanya bisa ditaklukan dengan kasih. Kasih tidak hanya kepada yang berbuat baik dengan kita, tetapi juga kita dituntut untuk mengasihi musuh.
Kesaksian ini harus diakui bahwa tidaklah mudah. Tetapi bukan hal yang mustahil tentunya. Bersama Tuhan kita bisa membuka hati untuk mengampuni dan memaafkan orang tua, suami atau istri, anak-anak, rekan kerja, teman-teman, dan tetangga kita semua.
Tuhan Yesus Kristus, Engkau tidak hanya mengajar kami dengan kata-kata, tetap juga mengajar kami dengan tindakan nyata. Engkau mengmpuni orang-orang yang menyalibkan-Mu. Mampukanlah kami untuk mengampuni sesama dan tidak melakukan balas dendam. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 15 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel