RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 16 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SELASA, 16 JUNI 2020
PEKAN BIASA XI (Warna Liturgi HIJAU)

Sta. Yulita dan Cyriacus; Sta. Lutgardis
BACAAN I: 1Raj. 21:17-29
MAZMUR: 51:3-4.5-6a.11.16
BACAAN INJIL: Mat. 5:42-48

Injil Matius 5:43-48
Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

RENUNGAN:
Kasih Bapa di surga untuk semua umat manusia itu seperti Ia menciptakan matahari baik untuk orang jahat maupun orang baik. Kasih-Nya tanpa membeda-bedakan, seperti halnya Ia menurunkan hujan baik untuk orang saleh maupun untuk orang jahil. Maka, Yesus Kristus, Putranya, menantang kita para murid-Nya untuk melakukan hal yang sama.
Jika kita mau menjadi anak-anak Allah seperti Yesus, hendaknya kita juga mengasihi semua orang termasuk orang-orang yang memusuhi kita. “Kasihilah musuh-musuhmu dan berdoalah bagi orang yang telah menganiaya kamu!”. Sungguh tidak mudah. Tetapi Yesus sendiri sudah membuktikannya. Ia mengampuni orang-orang yang menghujat dan menyalibkan Dia.
Mari kita saling mendoakan dan mengasihi orang-orang yang pernah menyakiti kita. Kita mulai dari sesama anggota keluarga kita. Hal itu pernah dilakukan oleh orang suci dalam sejarah Gereja, seperti St. Stefanus (martir pertama) yang berdoa untuk mereka yang merajam dia sampai mati.
Tuhan Yesus Kristus, bimbinglah kami agar kamipun mampu mencintai semua orang termasuk musuh-musuh kami. Amin.   

0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 16 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel