PENYEBAB SESEORANG TIDAK DAPAT MENERIMA KOMUNI

Penyebab Seseorang Tidak Dapat Menerima Komuni 



Setiap Ekaristi yang kita ikuti di Gereja, tentu sangat merindukan Tubuh Kristus. Tubuh Kristus yang kita terima merupakan Roti Hidup yang dapat memberikan kita kehidupan rohani kita. Tentu setiap orang yang sudah dibaptis atau yang sudah berusia 9 tahun dapat menerima Komuni Kudus itu. Akan tetapi tidak semua orang dapat menerimanya karena halangan-halangan tertentu.

Berikut penjelasan seseorang tidak dapat menerima Komuni:

  1. Seseorang yang tidak dibaptis : Sakramen yang merupakan wajib pertama kali diterima seorang Katolik sebelum menerima sakramen lainnya. Dimana dalam sakramen ini merupakan tanda seseorang menjadi anggota Gereja dan salah satu cara penghapusan dosa asal yang ia terima dalam hidupnya.
  2. Dibaptis tetapi tidak terdaftar dalam persekutuan Gereja Katolik : meskipun seseorang telah dibaptis, karena bagi Gereja Katolik seseorang harus setia terhadap iman yang sudah dipeliharanya.
  3. Dalam Keadaan Dosa Berat: Dosa berat yang dilakukan seseorang membuat ia tidak dapat menerima Komuni Kudus. Karena seseorang yang melakukan dosa berat telah terpisah dari kasih dan cinta kasih Allah.
  4. Terlambat mengikuti Ekaristi: dalam mengikuti Ekaristi Kudus tentunya kita perlu mengikuti liturgi secara utuh mulai dari ritus pembuka sampai penutup. Jika seseorang telambat dan melewatkan bagian-bagian dalam Ekaristi maka ia tidak diperkenankan untuk menerima Komuni. Karena Ekaristi itu perlu kita ikuti secara menyeluruh dari awal sampai akhir tanpa kecuali. 


0 Response to "PENYEBAB SESEORANG TIDAK DAPAT MENERIMA KOMUNI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel