RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 14 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 14 JUNI 2020
HARI RAYA TUBUH DAN DARAH KRISTUS (Warna Liturgi PUTIH)

St. Metodius; B. Gerardus; Elisa
BACAAN I: Ul. 8:2-3.14b-16a
MAZMUR: 147:12-13.14-15.19-20
BACAAN II: 1Kor. 10:16-17
BACAAN INJIL: Yoh. 6:51-58

Injil Yohanes 6:51-58
Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia." Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan." Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.
Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku. Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya."

RENUNGAN:
Dalam perikop ini, Penginjil Yohanes mengungkapkan dan memberikan kesaksian bahwa Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Roti Hidup. Yesus adalah sungguh-sungguh Roti Hidup. Roti yang tidak hanya memberikan kehidupan selama didunia ini, tetapi juga menjadi jaminan akan kehidupan diakhirat nanti; yang tidak hanya sebatas memenuhi kelaparan raga, tetapi juga memenuhi kebutuhan jiwa; yang tidak didapatkan dengan uang, tetapi yang diperoleh dengan cuma-cuma; yang tidak hanya dimakan oleh kalangan tertentu saja, tetapi yang dapat dimakan oleh semua kalangan.
Apakah masih ada Roti Hidup itu? Apakah Roti Hidup itu bisa diperoleh sekarang? Ya! Roti Hidup itu masih ada dan bisa diperoleh sekarang dan selama-lamanya. Roti Hidup itu adalah sungguh-sungguh tubuh Tuhan sendiri. Setiap kali kita merayakan Ekaristi, disanalah kita menyambut dan menyantap Roti Hidup itu.
Ambil bagian dalam Ekaristi berarti kita mengenyangkan tubuh jasmani dan rohani kita dengan santapan dari Tuhan sendiri. Kesiapan hati untuk menerima tubuh Tuhan, Sang Roti Hidup, sangatlah penting bagi kita umat kristiani. Anak-anak hendaknya dibiasakan mengikuti Ekaristi dan sejak dini tidak membiarkan mereka makan minum selama perayaan.
Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Roti Hidup yang turun dari surga. Gerakanlah hati kami dengan Roh-Mu agar kami merindukan Roti yang menghidupkan itu. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 14 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel