RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 20 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 20 JUNI 2020
PEKAN BIASA XI 

PW Hati Tersuci SP. Maria (PUTIH)
BACAAN I: Yes. 61:9-11
MAZMUR: 1Sam. 2:1.4-5.6-7
BACAAN INJIL: Luk. 2:41-51

Injil Lukas 2:41-51
Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah. Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu. Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya. Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka. Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia. Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya. Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau." Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?" Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka. Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.

RENUNGAN:
Injil Lukas menghadirkan figur Bunda Maria sebagai seorang wanita yang memiliki iman dan ketaatan. Hal ini dapat dilihat dari jawabannya kepada malaikat yaitu ‘Fiat’ (Luk.1:2). Ia tidak mengerti kata-kata malaikat, tetapi ia memiliki iman sehingga ia tetap percaya. Dalam perikop Injil hari ini, Maria menunjukan imannya ketika mendengar kata-kata Yesus dan juga yang tidak dimengertinya sebagai seorang ibu, ‘Mengapa Bapak dan Ibu mencari Aku? Tidak tahukah kamu bahwa Aku harus berada dalam rumah Bapa-Ku? Atau ketika Yesus dipersembahkan di dalam Bait Allah, Simeon berkata kepada Maria, ‘Dan suatu pedang akan menembusi jiwamu sendiri, supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang’ (Luk.2:35). Kesaksian-kesaksian Injil ini menunjukan bahwa Maria memiliki ketaatan iman sepanjang hidupnya.
Perayaan hati tersuci Bunda Maria hendaknya membawa dampak tersendiri bagi kita semua. Maria telah menunjukan ketaatan imannya kepada Tuhan. Bunda Maria menginspirasi kita untuk memiliki hati yang suci, hati yang mampu mengasihi. Apakah kita bisa menyerupai hati Bunda Maria?
Santa Maria Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan pada waktu kami mati. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 20 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel