RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 11 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 11 JUNI 2020
PEKAN BIASA X (Warna Liturgi HIJAU)

PW. St.Barnabas
BACAAN I: Kis. 11:21b-26; 13:1-3
MAZMUR: 98:2-3ab.3c-4.5-6
BACAAN INJIL: Mat. 10:7-13

Injil Matius 10:7-13
Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.

RENUNGAN:
“Kamu telah memperoleh dengan cuma-cuma, maka berikanlah dengan cuma-cuma pula”. Dalam suatu kesempatan sharing iman antar sesama imam, seorang imam memberikan kesaksian: “Ayat ini sungguh-sungguh memberikan inspirasi dalam panggilan, perutusan, dan pelayanan saya sebagai seorang imam”. Tetapi, disisi lain ayat ini sungguh menentang dan tidak mudah dilakukan karena pada akhir zaman ini, dunia kita diliputi oleh hitung-hitungan untung rugi. Kalkulasi bisnis menjadi ukuran segalanya. Ruang belas kasih dan solidaritas semakin sempit dan perlahan-lahan diganti dengan ‘ruang jual beli’ yang sarat dengan kalkulasi untung rugi.
Jika kita luangkan waktu untuk merenungkan aneka pengalaman hidup yang pernah kita alami, maka kita akan menemukan bahwa begitu banyak rahmat yang kita peroleh dengan cuma-cuma dalan hidup ini berkat kerahiman dan kemurahan hati Tuhan Yesus Kristus. Jika kita memiliki kesadaran ini, maka dengan sendirinya ada gerakan untuk berbuat kebaikan. Misalnya, Tuhan memberikan kita kesehatan dan materi cukup, maka ada gerakan hati untuk mau mengunjungi yang sakit dan mau bersedekah kepada mereka yang berkekurangan dan menderita.
Tuhan Yesus Kristus, kami telah memperoleh rahmat-Mu dengan cuma-cuma, maka mampukanlah kami untuk selalu berbagi dan bersedekah. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 11 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel