RENUNGAN HARIAN (RABU, 10 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RABU, 10 JUNI 2020
PEKAN BIASA X (Warna Liturgi HIJAU)

PW. Santa Perawan Maria Bunda Gereja
BACAAN I: 1Raj. 18:20-39
MAZMUR: 16:1-2a.4.5.1
BACAAN INJIL: Mat. 5:17-19

Injil Matius 5:17-19
"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

RENUNGAN:
Bagi orang Yahudi, Kitab Taurat sungguh-sungguh menjadi pegangan hidup mereka sehari-hari. Maka, ketika ada hoaks (berita bohong) yang beredar dimasyarakat bahwa Yesus datang dengan ajaran-Nya yang baru dan meniadakan Hukum Taurat; mereka sangat marah, geram dan menjadi perbincangan pro dan kontra. Dalam situasi seperti itu, Yesus tampil dan menegaskan bahwa Ia datang bukan untuk meniadakan Hukum Taurat, melainkan sebaliknya, yaitu menggenapi Hukum Taurat. Menggenapi atau menyempurnakan Hukum Taurat artinya Yesuslah Sang Mesias yang diberitakan para nabi dalam Kitab Taurat. Inilah yang menjadi tujuan utama Matius menuliskan Injilnya pertama-tama kepada orang Yahudi.
Sekarang hoaks (berita bohong) semakin berpengaruh kuat karena ditunjang oleh dunia digital yang semakin canggih. Berbagai bentuk dan cara orang menciptakan hoaks (berita bohong) yang dapat menghancurkan karakter, sikap, mental, dan masa depan seseorang. Yesus menghadapi hoaks (berita bohong) dengan memberikan klarifikasi ketika Ia berkhotbah dibukit. Mari kita belajar dari pesan Injil hari ini, untuk tidak ikut menciptakan hoaks (berita bohong) , tidak menyebarkan sebuah informasi yang belum pasti kebenarannya. 
Yesus Kristus, tuntunlah kami dengan Roh Kudus-Mu agar kami lebih bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan berbagai sarana dan fasilitas komunikasi dalam kehiduan kami sehari-hari. Amin  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (RABU, 10 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel