RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 12 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 12 JUNI 2020
PEKAN BIASA X (Warna Liturgi HIJAU)

St. Yohanes Fakundus; B. Yolenta, Florida dkk.
BACAAN I: 1Raj. 19:9a.11-16
MAZMUR: 27:7-8a.8b-9abc.13-14
BACAAN INJIL: Mat. 5:27-32

Injil Matius 5:27-32
Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

RENUNGAN:
Dalam memberikan kursus persiapan perkawinan (KPP) disuatu paroki, terjadi diskusi dan perdebatan pro dan kontra soal ‘perjanjian pisah harta’ antara calon pasangan suami istri. Baik kelompok yang pro dan juga yang konra memberikan argumen masing-masing. Perdebatan itu berakhir dengan penegasan dari pembicara. Dia menegaskan bahwa prinsip dasar sebuah perkawinan Katolik adalah kesepakatan. Kesepakatan untuk bersatu dan bersama-sama membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera. Bersama-sama menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi demi menciptakan keluarga bahagia dan sejahtera. Jika sebelum pernikahan sudah ada kesepakatan untuk ‘perjanjian pisah harta’ maka lebih baik jangan menikah.
Salah satu topik yang menjadi perhatian Yesus ketika Ia memberikan pengajaran dibukit adalah hal panggilan hidup berkeluarga. Perikop ini mengangkat isu perzinahan, penyesatan, dan perceraian. Hendaknya seluruh anggota tubuh kita, digunakan untuk tujuan yang baik dan positif, bukan sebaliknya, yakni menyesatkan orang lain atau juga diri sendiri. Karena itu, alangkah baik dan bijak tidak menciptakan sekecil apapun cela dan peluang untuk ‘pisah’ dalam hidup berkeluarga. Mari kita belajar untuk mawas diri, dan mengendalikan panca indra kita untuk kebahagiaan kini dan kelak.
Tuhan Yesus Kristus, bimbinglah kami dengan Roh Kudus-Mu agar kami tidak jatuh dalam situasi yang menyesatkan. Mampukanlah kami untuk menggunakan panca indra kami untuk kemuliaan nama-Mu dan keluhuran martabat kemanusiaan kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 12 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel