RENUNGAN HARIAN (SABTU, 13 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 13 JUNI 2020
PEKAN BIASA X (Warna Liturgi HIJAU)

PW St. Antonius dr Padua
BACAAN I: 1Raj. 19:19-21
MAZMUR: 16:1-2a.5.7-8.9-10
BACAAN INJIL: Mat. 5:33-37

Injil Matius 5:33-37
Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

RENUNGAN:
Siaran langsung sidang sengketa Pilpres 2019 yang lalu menyedot perhatian hampir seluruh rakyat Indonesia. Menarik bahwa dalam sidang itu, seperti biasanya dihadirkan saksi-saksi untuk mendukung tuduhan-tuduhan pemohon. Para saksi itu mengambil sumpah untuk tidak memberikan kesaksian palsu. Namun, dalam kenyataannya tidak jarang ada keterangan palsu yang diberikan para saksi yang sudah bersumpah itu.
Situasi ini mengingatkan kita akan Sabda Yesus kepada para murid-Nya diatas bukit. “Katakanlah saja Ya atau Tidak, selebihnya datang dari si jahat”. Kejujuran semakin sulit dan mahal ditengah masyarakat bangsa kita. Kejujuran semakin sulit ditanamkan dan dirawat ditengah-tengah hidup berkeluarga dan komunitas. Karena sepanjang hari anak-anak, kaum muda dan remaja, melihat dan mengalami ketidakjujuran yang ada di lingkungan sekitar. Sabda Yesus hari ini tidak hanya menantang tetapi sekaligus memotivasi kita untuk terus melatih diri bertindak dan berkata jujur sekalipun menyakitkan.
Tuhan Yesus Kristus, terima kasih untuk sabda-Mu hari ini. Semoga Roh-Mu selalu menuntun kami untuk berani berkata dan bertindak secara jujur dan benar. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 13 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel