RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 05 JUNI 2020)

renungan harian katolik

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 05 JUNI 2020
PEKAN BIASA IX (Warna Liturgi HIJAU)

PW St. Bonifasius
BACAAN I: 2Tim. 3:10-17
MAZMUR: 119:115.160.161.165.166.168
BACAAN INJIL: Mrk. 12:35-37

Injil Markus. 12:35-37
Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud? Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.

RENUNGAN:
Perikop yang singkat ini diawali dan diakhiri dengan kata-kata sangat menarik untuk kita renungkan. “Pada suatu hari Yesus mengajar di Bait Allah,....” Orang banyak mendengar Yesus dengan penuh minat”. Kata kunci “Yesus mengajar dan orang mendengarkan”  dengan antusias. Pertanyaan yang menantang kita merenungkan perikop ini adalah: Tindakan dan metode mengajar macam apakah Yesus gunakan sehingga mampu membangkitkan minat orang banyak untuk mendengarkan-Nya?
Ada dua hal yang kita belajar dari perikop ini. Pertama, adakah kita membangun sikap hati yang mendengarkan? Sebagai pasangan suami istri, orang tua, dan anak-anak dalam keluarga, anggota komunitas bagi para imam, biarawati, atau pun di tengah-tangah masyarakat bangsa kita: adakah kita menciptakan situasi yang kondusif agar kita mampu saling mendengarkan? Kedua, bagaimana mengajar anak-anak, kaum muda dan remaja dengan baik, benar dan penuh bijak. Saya yakin, ajaran itu tidak hanya sebatas dan sedangkal kata-kata, tetapi terjelma dalam tindakan konkret. Artinya, mampukah kita menjadi soko guru, teladan dan figur bagi mereka?
Tuhan Yesus Kristus, Engkau Tuhan, Guru, Saudara dan Jalan Hidup kami; buatlah kami mampu dan layak menjadi teladan hidup bagi orang-orang disekitar kami setiap hari. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 05 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel