RENUNGAN HARIAN (SABTU, 06 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 06 JUNI 2020
PEKAN BIASA IX (Warna Liturgi HIJAU)

St. Norbertus; St. Filipus
BACAAN I: 2Tim. 4:1-8
MAZMUR: 71:8-9.14-15ab.16-17
BACAAN INJIL: Mrk. 12:38-44

Injil Markus. 12:38-44
Dalam pengajaran-Nya Yesus berkata: "Hati-hatilah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar, yang suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan di tempat terhormat dalam perjamuan, yang menelan rumah janda-janda, sedang mereka mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Mereka ini pasti akan menerima hukuman yang lebih berat." Pada suatu kali Yesus duduk menghadapi peti persembahan dan memperhatikan bagaimana orang banyak memasukkan uang ke dalam peti itu. Banyak orang kaya memberi jumlah yang besar. Lalu datanglah seorang janda yang miskin dan ia memasukkan dua peser, yaitu satu duit. Maka dipanggil-Nya murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan. Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya."

RENUNGAN:
Penginjil Markus mengingatkan kita untuk kembali kepada sikap yang mendasar akan ciptaan Tuhan, yakni sikap berbagi atau memberi. Sikap berbagi tidak hanya dilakukan manusia, tetapi juga ciptaan yang lain. Contohnya, bunga mawar. Akar mawar mencari dan mendapatkan makanan, kemudian diteruskan ke daun untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup lalu disalurkan ke seluruh bagian mawar itu sampai menghasilkan keindahan kembang mawar dan membuat manusia kagum, terpesona, bahagia memandangnya.
Manusia yang diciptakan sesuai dengan citra dan rupa Sang Pencipta, lebih mulia dan luhur dari segala ciptaan yang lain. Sikap berbagi melekat dan menyatu dalam diri manusia. Seorang janda yang memberi dari kekurangannya adalah contoh unggul bagi kita. Kita diajak untuk berani berbagi dan memberi, tidak hanya karena kelimpahan kita, tetapi justru dalam kekurangan dan keterbatasan kita. Karena semua yang kita miliki, Tuhan memberinya secara cuma-cuma.
Tuhan Yesus, bukalah hati kami agar kami dengan sukacita mau berbagi dengan sesama. Semoga kami tidak hanya mau menerima, tetapi juga berani memberi dari apa yang Engkau anugerahkan kepada kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 06 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel