RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 04 JUNI 2020)

renungan harian katolik

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 04 JUNI 2020
PEKAN BIASA IX (Warna Liturgi HIJAU)

St. Fransiskus Caracciolo
BACAAN I: 2Tim. 2:8-15
MAZMUR: 25:4bc-5ab.8-9.10.14
BACAAN INJIL: Mrk. 12:28b-34

Injil Markus. 12:28b-34
Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: "Hukum manakah yang paling utama?" Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan." Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: "Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!" Dan seorangpun tidak berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

RENUNGAN:
Seorang ahli Taurat ingin mencobai Yesus. Sebuah pertanyaan jebakan diutarakannya kepada Yesus, “Perintah manakah yang paling utama?” jawaban Yesus membuat dia sadar. Kerena justru itulah hakikat ajaran Yesus, yakni mencintai Tuhan dan mencintai sesama. Mencintai Tuhan dan mencintai sesama bagaikan keping mata uang; tidak bisa menerima yang satu dan mengabaikan yang lain.
Mengamati kehidupan berbangsa dan bermasyarakat dinegara kita pada tahun-tahun terakhir ini, kita umat kristiani sungguh-sungguh ditantang untuk melaksanakan firman Tuhan ini. Tekun dan setia membangun relasi dengan saudara-saudari yang berbeda agama, iman, aliran, dan kepercayaan. Relasi personal dengan Tuhan akan memampukan kita menghadapi berbagai persoalan, tantangan, dan kesulitan dalam hidup bernegara dan bermayarakat. Rahmat Tuhan selalu cukup untuk setiap orang.
Ya Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Sang Guru yang selalu menuntun kami kepada kebaikan dan keselamatan. Bimbinglah kami dengan Roh Kebijaksanaan agar kami mampu menerima dan hidup berdampingan dengan sesama kami yang berbeda ditengah masyarakat bangsa kami. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 04 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel