RENUNGAN HARIAN (SELASA, 26 MEI 2020)

renungan harian

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SELASA, 26 MEI 2020
PEKAN VII PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

PW St. Filipus Neri
BACAAN I: Kis. 20:17-27
MAZMUR: 68:10-11.20-21
BACAAN INJIL: Yoh. 17:1-11a

Injil Yohanes. 17:1-11a
Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu. Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

RENUNGAN:
Dalam doa-Nya, Yesus selalu menyebut hubungan antara para murid, diri-Nya, dan Bapa. Betapa cinta yang mendalam dari Yesus, tampak dalam permohonannya agar sebagaimana Bapa mencintai Putra demikian Bapa mencintai para murid. Yesus berkata, “Segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan didalam mereka”. Di sini Yesus menjadi titik perjumpaan antara manusia dan Allah. Misteri keilahian dan dinamika kemanusiaan seluruhnya merujuk pada pribadi-Nya.
Doa Yesus menjadi bukti pengangkatan kita sebagai anak Allah. Sebab kepada kita Yesus menyatakan misteri tentang Allah. Sekarang, bagaimana kita menghidupi martabat luhur ini; apakah kita masa bodoh dengan ikatan relasi kita dengan Allah, sehingga kita seakan-akan hidup tanpa hubungan dengan Dia? Ataukah kita menjadi ikatan antara kita dan Allah itu sebagai dasar utama dan kekuatan untuk segala hal ikhwal hidup kita?
Ya Allah, Engkau telah mengutus Putera-Mu ke tengah dunia. Semoga kami mengikuti teladan-Nya. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SELASA, 26 MEI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel