RENUNGAN HARIAN (RABU, 27 MEI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RABU, 27 MEI 2020
PEKAN VII PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

St. Agustinus dr Centerbury
BACAAN I: Kis. 20:28-38
MAZMUR: 68:29-30.33-35a.35b
BACAAN INJIL: Yoh. 17:11b-19

Injil Yohanes. 17:11b-19
Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan  kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

RENUNGAN:
Kita pasti sudah sering mendengar ungkapan: “Jika kita menanam padi pasti akan tumbuh rumput”. Artinya, adalah sebuah utopia jika kita merindukan kehidupan tanpa persoalan. Namun tampaknya itulah yang kita rindukan. Dalam doa-Nya, Yesus berkata, “Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat”.

Doa Yesus ini baiklah juga menjadi karekter atau spirit dalam hidup beriman kita. Artinya, kita perlu menyadari bahwa beriman itu bukanlah sebuah usaha supaya kita tidak mengalami persoalan-persoalan hidup. Selagi kita masih berada didalam dunia, kita perlu bergumul bersama dunia. Kita tidak meminta Allah untuk mengubah persoalan-persoalan hidup sesuai yang kita inginkan. Hidup sebagai murid Yesus adalah hidup sebagai utusan. Maka, perjuangan hidup kita adalah perjuangan seperti Yesus. Sebagai utusan hendaklah kita tidak memikirkan kenyamanan diri sendiri. Akan tetapi, kita keluar dari zona nyaman kita dan menjumpai dunia yang terluka dengan menghadirkan wajah Allah Yang Maharahim disana.

Ya Allah, gerakanlah hati kami supaya kami berani keluar dari zona nyaman hidup dan berani menjumpai saudara-saudari kami yang terluka. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (RABU, 27 MEI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel