RENUNGAN HARIAN RABU 13 MEI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RABU, 13 MEI 2020
PEKAN V PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

Sta. Petronela; Imenda Lambertini; St. Andreas Fournet
BACAAN I: Kis. 15:1-6
MAZMUR: 122:1-2.3-4a.4b-5
BACAAN INJIL: Yoh. 15:1-8

Injil Yohanes. 15:1-8
"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

RENUNGAN:
Sebagai orang beriman kita diminta untuk menghasilkan “buah” disepanjang usia kita. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa nyatanya kita sering tampil sebagai pribadi yang “musiman”. Semangat iman kita terkadang mudah mengendor dan meredup terlebih saat berhadapan dengan situasi yang tidak terlalu menguntungkan. Sabda Yesus hari ini mengingatkan kita bahwa agar kita bisa menghasilkan buah dalam hidup kita harus menjalin relasi yang mendalam dengan Tuhan, Sang Pokok Anggur.
Kita jangan berpikir bahwa hanya dengan masuk ke Gereja seminggu sekali, hal itu sudah berarti kita telah bersatu dengan-Nya. Dituntut sebuah upaya yang lebih dari sekedar tuntutan standar. Kerinduan kita untuk bersatu dengan-Nya terwujud dalam upaya kita untuk meningkatkan doa-doa pribadi, mengambil waktu untuk bermenung, membaca Kitab Suci, dan lain sebagainya. Persekutuan dengan Kristus sebagai “Pokok Anggur” harus selalu dibangun, sebab itulah yang memungkinkan kita bisa menghasilkan buah.
Yesus bersabda “Jikalau kamu tinggal didalam Aku dan firman-Ku tinggal didalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya” (ay.7). mengapa kehendak kita seringkali tidak sejalan dengan kehendak Allah, karena kita menjauhkan diri dari Allah. akibatnya kita menjadi kurang mengenal kehendak Allah. Jika mengakui diri sebagai anak Allah karena rahmat pembaptisan kita, maka kita seharusnya taat pada kehendak Allah, sebagai yang diteladankan Yesus sendiri. “Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambilah cawan ini daripada-Ku; tetapi bukan kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi” (Luk.22:42)
Ya Allah, terjadilah pada kami sesuai dengan rencana dan kehendak-Mu. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN RABU 13 MEI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel