RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 30 APRIL 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 30 APRIL 2020
PEKAN III PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

St. Marianus dan Yakobus
BACAAN I: Kis. 8:26-40
MAZMUR: 66:8-9.16-17.20
BACAAN INJIL: Yoh. 6:44-51

Injil Yohanes. 6:44-51
Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal. Akulah roti hidup. Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati. Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

RENUNGAN:
Kita bisa mengetahui dan memahami sesuatu karena kita dibantu oleh guru. Pengetahuan kita tidak berlangsung begitu saja ada dalam kepala kita. Hal ini menunjukan bahwa kita selalu membutuhkan bimbingan dari orang lain, supaya memperoleh jawaban yang pasti di saat mengalami keraguan. Pengajaran Yesus tentang diri-Nya sebagai roti hidup berlanjut ke ajakan untuk percaya kepada-Nya dan jaminan akan kehidupan kekal. Namun, Yesus melanjutkan bahwa mereka percaya itu sesungguhnyaa ditarik oleh Bapa yang mengutus Dia. Mereka yang percaya kepada Yesus sebagai roti kehidupan telah dibantu oleh Bapa untuk sampai pada iman yang benar, dan kelak akan dibangkitkan pada akhir jaman. Dalam Kisah Para Rasul, Filipus dikisahkan membantu seorang Etiopia untuk memahami kitab Yesaya yang dibacanya. Orang itu bertanya kepada Filipus, “Bagaimana aku dapat mengerti kalau tidak ada yang membimbing aku?”.
Dalam perjalanan iman, Tuhan hanya mewahyukan kebenaran dan membiarkan kita berusaha memahaminya sendiri. Ia memberikan Roh Kudus dan juga orang-orang disekitar kita untuk menolong kita sampai pada sikap iman yang bertanggung jawab. Aspek kebersamaan dalam iman, membantu kita untuk semakin menyelami rencana dan kehendak Tuhan atas hidup kita.
Tuhan Yesus, Engkau menjanjikan untuk menyertai kami umat-Mu, sampai akhir jaman. Sertailah kami dalam seluruh langkah hidup kami agar tidak tersesat dari jalan yang Engkau tunjukan. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 30 APRIL 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel