ESKATOLOGI DALAM GEREJA KATOLIK


ESKATOLOGI DALAM GEREJA KATOLIK

Pengertian Eskatoligi adalah suatu ilmu tentang pengetahuan yang terakhir, kehidupan terakhir, tentang ha-hal terakhir dalam hidup kita. Ekatologi berasal dari bahasa Yunani yang artinya Eskatos yaitu pengetahuan yang terakhir atau kehidupan setelah kematian. 

Apa saja yang ada dalam Eskatologi: Kematian, surga, neraka, dan api penyucian yang berkaitan dengan kehidupan setelah kematian.
Eskatologi merupakan salah satu cabang ilmu dari teologi sistematik tentang Kerajaan Allah didalam dunia setelah manusia mengalami kematian. 

Mengapa Eskatologi masuk dalam ajaran Gereja Katolik?
Eskatoligi ajaran Kristen bertumpu pada refleksi atas pengharapan kesetian Allah. Bagaimana Allah yang setia kepada kita umatnya, karena kita juga setia kepada-Nya. Kesetiaan dan ketaatan kita kepada Allah akan mendapatkan hadiah atau timbal baliknya juga. Tetapi jika kita tidak setia dan menyangkal-Nya maka akan mendapatkan hukuman dan ganjaran yang akan kita terima. Konsep ini tetuang dalam Kitab Perjanjian Lama. 
Dalam Kitab Suci memuat tentang ajaran Kristus yang kedua kali sering kita dengar dengan sebutan hari baru, langit baru, dunia baru, atau hari Tuhan. Dan ini merupakan gambaran Eskatoligis tentang sesuatu yang akan ada setelah hidup didunia. Suatu Pengharapan baru bagi umat manusia yang akan dia teriama setelah mengalami kematian. Pengharapan baru dan abadi akan diterima sebagai bentuk kesetiaan kepada Allah.

Eskatologi yang berbicara tentang hal-hal akhir dalam hidup manusia setelah kematian akan abadi selamanya. Berbeda dengan ketika kita hidup didalam dunia ini, kita akan bersama-sama dengan Allah dalam hidup kekal juga bersama dengan Kristus. 

0 Response to "ESKATOLOGI DALAM GEREJA KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel