RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 03 APRIL 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 03 APRIL 2020
PEKAN V PRAPASKAH (Warna Liturgi Ungu)

St. Richard; St. Yosef
BACAAN I: Yer.20:10-13
MAZMUR: 18:2-3abc-4.5-6.7
BACAAN INJIL: Yoh. 10:31-42

Injil Yohanes 10:31-42
Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?" Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." Kata Yesus kepada mereka: "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: Kamu adalah allah? Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut allah  —  sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan  — , masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah? Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku, tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa." Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka. Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu, lalu Ia tinggal di situ. Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata: "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar." Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

RENUNGAN:
Ada kalanya kita merasa terkejut ketika hasil pekerjaan kita melampaui perkiraan kita. Kita merasa senang dan menyadari bahwa keberhasilan itu tidak sepenuhnya karena usaha kita, tetapi ada kuasa Allah yang bekerja dibalik keberhasilah itu. Kesadaran seperti ini perlu dipupuk dalam diri kita dan dalam kebersamaan di tengah keluarga dan masyarakat. Ketika hendak dilempari batu oleh orang-orang Yahudi, Yesus mengingatkan mereka pada pekerjaan-pekerjaan baik yang berasal dari Bapa dan telah dilakukanNya. Ketika serangan ditunjukan pada identitasNya, Yesus mengingatkan bahwa pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan dalam nama Bapa adalah bukti yang tidak dapat disangkal, karena menghadirkan keselamatan bagi manusia. Nabi Yeremia pun memiliki keyakinan yang teguh pada penyertaan Tuhan dan melihat orang-orang yang mengejarnya sebagai ujian yang diarahkan pada orang benar.
Banyak konflik dan keregangan disebabkan ketidakmampuan untuk melihat campur tangan Allah dalam dinamika kehidupan bersama. Kesadaran akan Allah yang menyertai diuji dalam peristiwa-peristiwa sulit, yakni sejauh ana kita mampu menemukan kebaikan-kebaikan yang berasal dari Allah, sekalipun kita berbeda pandangan dengan orang yang sedang kita hadapi.
Tuhan Yesus Kristus, ajarilah kami melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa. Semoga perjumpaan kami dengan sesama melahirkan kesediaan untuk bekerja sama membangun dunia yang lebih baik. Amin  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 03 APRIL 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel