MALAIKAT - MENURUT GEREJA KATOLIK

malaikat

Malaikat adalah gambaran dari pelindung Allah yang bersifat baik dan menolong. Dalam gereja katolik, malaikat dikenal sebagai sosok utusan Allah untuk menjalankan berbagi tugas. Malaikat dalam bahasa ibrani artinya Malakh yaitu pesuruh atau pengemban amanat. Dalam kepercayaan bangsa Yahudi mengenal adanya malaikat yang jumlahnya banyak. Tetapi ada tujuh malaikat yang dipercaya sebagai penghulu malaikat menurut tradisi yahudi yaitu Mikael, Rafael, Gabriel, Uriel, Sarakuel, Rahuel, dan Remhiel. 

Gereja katolik tidak menyebutkan secara khusus adanya tujuh malaikat Tuhan itu. Tetapi gereja Katolik menyebutkan ada tiga Malaikat Agung yaitu Mikael, Rafael, dan Gabriel. Malaikat mikael digambarkan sebagai pria yang bersayap dengan pedang yang terhunus dan kaki yang menginjak kepala iblis. Ia adalah panglima perang yang memimpin tentara malaikat mencampakan setan, dan pemberontak dalam neraka. Malaikat gabriel digambarkan sebagai pria yang tampan bersayap dan memiliki arti kekuatan dari Allah. Ia adalah pelayan dan utusan Allah yang membantu umat manusia untuk memahami misteri kehendak Allah. Malaikat rafael artinya kesembuhan dari Allah. Ia adalah malaikat penyembuh dan teman dalam perjalanan tobiat. Ia diutus Allah untuk menyembuhkan dan membebaskan manusia dari perhambaan setan. 

Dalam kitab Keluaran 23:20-21 di jelaskan bahwa adanya malaikat Tuhan, “Allah berkata Sesungguhnya aku mengutus malaikat berjalan didepanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah kusediakan. Jagalah dirimu dihadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia”.
Dalam kitab suci perjanjian baru, malaikat disebut sebagai pembawa kabar berita. Kabar gembira diantaranya tantang lahirnya Yesus Kristus, dan Yohaes pembaptis yang diberitakan malaikat kepada para gembala. 

Dalam kitab Katekismus 328 disebutkan, “bahwa ada makhluk rohani tanpa badan yang oleh kitab suci biasanya dinamakan Malaikat, adalah satu kebenaran iman, kesaksian kitab suci dan kesepakatan tradisi tentang itu bersifat sama jelas”. Malaikat ada dan melindungi di antara manusia sejak masa anak-anak sampai pada kematiannya melalui doa permohonan yang diungkapkan. 
Gereja menghormati para malaikat yang mendampingi gereja dalam ziarah di dunia dan melindungi setiap manusia. Banyak orang Kristiani menggunakan nama malaikat di dalam namanya sebagai pelindung untuk hidupnya. Manusia mengambil bagian persekutuan dengan para malaikat yang bersatu dengan Allah.

Malaikat Allah yang menjadi malaikat pelindung dan juga malaikat agung bagi umat manusia. Dan Kristus Yesus adalah pusat dari dunia malaikat. Kita menyadari bahwa malaikat itu ada dan selalu melindungi hidup kita. Gereja katolik merayakan peristiwa malaikat agung setiap tanggal 29 Sepetember, dan pesta malaikat pelindung tanggal 2 Oktober.

0 Response to "MALAIKAT - MENURUT GEREJA KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel