BAHAN PENDALAMAN IMAN MASA ADVEN 2019

TEMA ADVEN 2019

Tema dalam masa adven 2019 ini adalah “HIDUP BERSAMA DI NEGARA YANG BERKETUHANAN YANG MAHA ESA”. Tema ini dipilih oleh gereja yang mengacu pada tema Natal tahun ini yaitu Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang. Gereja ingin mengajak kita untuk dapat hidup bersama dan rukun tanpa memandang agama, suku, dan ras. Hidup di Negara yang memiliki dasar Pancasila dengan perpedoman kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam tema yang telah ditentukan ini, juga akan dibagi menjadi empat bab yang akan dibahas setiap pertemuan dalam empat minggu masa adven.

Pertemuan I    : Ketuhanan Yang Maha Esa
Pertemuan II   : Hubunga Gereja Dengan Agama-Agama Bukan Kristiani
Pertemuan III : Persaudaraan Semesta Tanpa Diskriminasi
Pertemuan IV : Bertindak Berdasar Iman

Tema Ketuhanan Yang Maha Esa, merupakan yang pertama kali dibahas dalam pertemuan pendalaman iman. Dimaksudkan bahwa kita sebagai umat beriman harus memahami bahwa Tuhan itu esa. Esa artinya adalah maha kuasa, menjadi pedoman dalam hidup kita dengan iman yang sudah kita miliki. Selain itu juga hubungan dan relasi antar agama yang ada haruslah kita pererat jangan sampai kita terpecah belah oleh sekelompok orang yang ingin membuat kekacauan di Negara Indonesia.

Tema Hubunga Gereja Dengan Agama-Agama Bukan Kristiani. Dalam tema ini kita diajak untuk memiliki jiwa toleransi dalam beragama. Sebagaimana kita tahu bahwa di negara ini ada 6 agama yang dianut, maka hendaklah kita dapat saling menghargai perbedaan dan menghormatinya. Gereja ingin terjun keluar, menjalin hubungan baik dengan agama-agama lain tanpa menghilangkan iman Kristiani. 

Tema Persaudaraan Semesta Tanpa Diskriminasi. Umat Kristiani diajak untuk menjalin persaudaraan dengan sesama tanpa membeda-bedakan status sosial. Karena pada dasarnya dihadapan Tuhan kita adalah sama, dan Iman lah yang membedakan bukan status sosial. Membangun nilai-nilai persaudaraan tanpa diskriminasi menjadi ajakan gereja untuk kita umatnya dalam menjalankan sila-sila Pancasila.

Tema Bertindak Berdasar Iman, menjadi tema yang terakhir dalam pertemuan masa adven. Dengan dasar iman yang kuat kita dapat menghormati dan menghargai sesama kita pemeluk agama lain. Iman adalah hal yang penting dalam hidup ini, maka perdalamlah iman gereja kita dengan hidup menggereja dan membaca kitab suci. 

BACA JUGA :

Semoga dengan pendalaman iman masa adven ini, sungguh-sungguh membuat kita sebagai umat Allah dapat hidup bersama, rukun, dan berdampingan dengan sesama kita yang memiliki kepercayaan yang berbeda. Menumbuhkan sikap tolerenasi dan menjalin persaudaraan tanpa memandang status apapun. Semoga dengan iman yang kita miliki dapat mengubah Negara Indonesia lebih toleran, dan tidak mudak terprovokasi yang ingin memecah belahkan persaudaraan.

0 Response to "BAHAN PENDALAMAN IMAN MASA ADVEN 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel