MESIAS ADALAH TUHAN - KATOLIK

Mesias

Siapakah Mesias?
Mesias adalah gelar yang diberikan hanya kepada Tuhan Yesus. Jadi gelar mesias tidak didiberikan kepada para nabi-nabi atau para rasul yang lain. Termasuk para murid Yesus, mereka tidak mau disebut sebagai mesias karena tahun gelar mesias hanya dimiliki oleh Tuhan Yesus.
Termasuk Yohanes Pembaptis yang adalah murid Tuhan Yesus ketika ditanya apakah Engkau mesias? Dia menjawab dengan tegas bukan. Kita dapat melihat dalam pernyataan tersebut dalan kitab suci Yohanes1:19-20, “Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang lewi kepadanya untuk menanyakan dia, Siapakah Engkau? Ia mengaku dan tidak berdusta katanya, Aku Bukan Mesisas”. Yohanes Pembaptis adalah Nabi yang tidak mengakui bahwa dia adalah mesias. Karena Ia tahun gelar mesisas itu satu, yang diberikan kepada Tuhan Yesus. 
Jadi banyak diantara kita yang berfikir bahwa mesias adalah utusan rasul atau nabi tanpa mengetahui alasan yang sebenarnya. 
Arti Kata Mesias: 
Mesias yang adalah Tuhan Yesus itu sudah dibuktikan dengan sendirinya dari Kitab Suci. Kita dapat melihat kitab Yesaya 9:6 “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putra telah diberikan kepada kita, lambang pemerintahan ada diatas bahunya, dan namanya disebutkan orang Penasihat ajaib, Alah yang perkasa, Bapa yang kekal, Raja damai”. Didalam ayat ini disebutkan bahwa Allah yang perkasa, dan Bapa yang kekal. Dimana arti kata Allah yang perkasa dalam bahasa ibrani adalah Elgibor atau sama dengan Mesias sedangkan Bapa yang kekal dalam bahasa ibrani adalah Abiad atau sama dengan Mesias.
Allah yang perkasa yang berarti Elgibor atau mesias, itu pasti adalah Tuhan Yesus. Karena Tuhan Yesus disebut Allah yang perkasa. Maka dari itu tidaklah mungkin gelar mesisa diberikan kepada para nabi atau rasul, karena sudah jelas bahwa Tuhan Yesus dalah Allah yang perkasa.
Selanjutnya dalam ayat diatas juga disebukan Bapa yang kekal yang berarti Abiad atau mesisa. Tuhan Yesus itu kekal dan tidak berkesudahan. Karena sebelum mesias datang kedunia Ia sudah hidup, bahkan sebelum dunia ini dijadikan. Bahkan sebelum Abraham ada mesias sudah hidup. Ini dapat kita lihat pada kitab Yohanes 8:58 “Kata Yesus kepada mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, aku sudah ada”.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa mesias adalah gelar yang hanya diberikan kepada Tuhan Yesus saja.

0 Response to "MESIAS ADALAH TUHAN - KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel