ARTI TULISAN INRI

TULISAN INRI

Arti tulisan INRI pada salib Tuhan merupakan sebuah singkatan yang berasal dari latin (Iesus Nazarenus Rex Iudeorum). Dalam bahasa Indonesia kalimat tersebut diterjemahkan menjadi “Yesus Dari Nazareth Raja Orang Yahudi”. Banyak diantara kita tidak tahu akan arti dan makna dari tulisan tersebut. Tulisan INRI biasanya terdapat di atas salib Tuhan Yesus.
Dalam injil Yohanes dikatakan bahwa tulisan INRI berasal dari bahasa Yunani, Ibrani, dan bahasa latin. 
Mari kita lihat hubungan tulisan INRI dengan tiga bahasa diatas: 
Makna dari ketiga bahasa tersebut memiliki arti yang sangat penting. 

Yang pertama tulisan INRI berasal dari bahasa Yunani, dimana bahasa yunani pada waktu itu digunakan oleh para cendekiawan, pelajar, dan filusuf. Yesus menjadi korban dari wafarnya dikayu salib dari orang-orang yang pandai dan memutar-balikkan fakta. Kita sadar bahwa kecerdasan seseorang sering tidak dipakai untuk memperjuangkan kebenaran, tetapi sering untuk mengutamakan suatu kepentingan tertentu. Karena kepentingan ini dianggap yang utama, maka kebenaran bisa jadi salah dan yang salah bisa jadi benar.

BACA JUGA :

Yang kedua tulisan INRI berasal dari bahasa Ibrani, dimana bahasa Ibrani merupakan bahasa yang digunakan oleh kaum religius bangsa yahudi dan bahasa yang digunakan dalam ibadat rohani. Jika kita mengingat ketika Yesus wafat dikayu salib, dan Yesus adalah korban dari kaum religius yahudi. Dimana kaum yahudi merasa dirinya sangat religius dalam agama dari pada orang lain, maka Yesus menjadi korban dari mereka yang sangat angkuh terhadap hal spiritual. Mereka telalu religius dan sangat fanatik terhadap agama, maka Yesus menjadi korban ketika wafat dikayu salib. Orang tidak lagi berfikir tentang Tuhan dan agama, tetapi mereka lebih menjunjung tinggi agamanya dari pada Tuhan.

Yang ketiga tulisan INRI berasal dari bahasa Bahasa latin, bahasa yang sering dipakai oleh kaum politikus bangsa yahudi. Yesus yang wafat dikayu salib juga tidak lepas dari permainan politik pada waktu itu. Dimana pada waktu permerintahaan Pontius Pilatus yang takut akan kehilangan kedudukan sebagai raja, lebih memilih untuk membebaskan Barabas yang pada waktu itu sebagai bersalah sebahgai penjahat dan menggantinya dengan Yesus yang tidak bersalah. Keberadaan status politik dimasa itu mempengaruhi Yesus yang tidak bersalah menjadi korban praduga tak bersalah.
Dari ketiga bahasa ini merupakan hubungan dengan Yesus yang menjadi korban wafat dikayu salib oleh bangsa yahudi. Tulisan INRI adalah “Yesus Dari Nazareth Raja Orang Yahudi”, setelah bangsa yahudi tahu bahwa mereka menyalibkan Yesus sang Raja semesta Alam.

0 Response to "ARTI TULISAN INRI "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel