CERITA NABI ELIA DAN RAJA AHAB - KATOLIK

NABI ELIA

Elia adalah seorang nabi yang tinggal di Israel pada waktu Raja Ahab berkuasa. Nabi Elia tinggal di daerah pegunungan Israel. Raja Ahab memiliki seorang istri yang bernama Ezebel, yang mana Ezebel menyembah dewa Baal. Orang-orang di daerah itu harus menyembah berhala atau yang berupa patung-patung. Mereka menganggap semua berhala itu dapat memberikan suatu kesejahteraan hidup bangsa Israel. Mereka percaya rahmat dan karunia yang ada berkat dari patung-patung yang disembah. Raja Ahab tidak percaya dan mengikuti apa yang Tuhan berikan. Seperti halnya hujan dan tumbuhan yang hidup terjadi berkat dari patung yang mereka sembah bukan dari Tuhan.

Nabi Elia hidup dan tinggal cukup jauh dari istana Raja Ahab. Lalu Tuhan berfirman kepada Nabi Elia supaya Elia berbicara kepada Raja Ahab bahwa Tuhan Tidak akan menurunkan hujan selama tiga tahun lamanya. Nabi Elia menuruti firman Tuhan untuk datang ke istana Raja Ahab. Walaupun dengan pengawalan prajurit istana yang sangat banyak dan dengan dilengkapi dengan senjata, tetapi Nabi Elia dapat masuk kedalam istana tersebut dengan kuasa Tuhan. Nabi Elia berkata kepada Raja Ahab bahwa Tuhan berkata kepadanya jika masih kalian masih menyembah berhala dan patung-patung maka Tuhan tidak akan menurunkan hujan selama tiga tahun.

Nabi Elia berbicara kepada semua orang yang berkumpul di gunung itu. Lalu Elia berkata supaya mereka memilih mengikuti Tuhan Allah, tetapi jika dewa Baalh dapat membuktikan kuasanya hari itu juga ikutilah dia. Raja Ahab dan orang-orang disitu membawa seekor lembu jantan untuk dipersembahkan. Mereka membawa lembu untuk dipersembahkan kepada dewa Baal supaya turun hujan, tetapi setelah menunggu lama hujan tidak kunjung datang. 

Setelah melihat semuanya itu Nabi Elia pergi, dan semua orang disitu hanya terdiam. Lalu Tuhan berfirman lagi kepada Nabi Elia, agar Ia pergi ke sungai Kerit. Dan disana Nabi Elia dapat minum dari sungai itu, Tuhan juga akan memberikan Roti dan Daging untuk kehidupan Elia disana lewat perantaraan burung gagak.       

0 Response to "CERITA NABI ELIA DAN RAJA AHAB - KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel