MENGAPA KATOLIK MENDOAKAN ORANG MATI

Kematian adalah hal yang pasti terjadi dalam kehidupan kita manusia. Kapan, dimana, dan bagaimana cara kita mati itu menjadi rahasia Allah. Maka pesiapkanlah kematian itu dengan sebaik-baiknya, dengan berbuat amal kebaikan terhadap sesama, dan terhadap Tuhan. Dalam gereja Katolik mendoakan orang yang sudah meninggal perlu dilakukan, karena gereja mempunyai alasan tertentu. Sedangkan saudara kita ada yang tidak secara khusus mendoakan orang yang sudah meninggal. Bagi kepercayaan mereka bahwa orang yang sudah meninggal tidak perlu untuk didoakan karena diyakini sudah masuk kerajaan Surga. Yang perlu mereka doakan adalah sanak-saudara yang ditinggalkannya, sebagai bentuk penghiburan, dan kekuatan agar dapat semangat menjalani hidup. Selain itu mereka juga memandang bahwa tidak ada dasar kitab sucinya. Tentu saja gereja Katolik mempunyai pandangan yang berbeda dalam hal ini. Kita umat katolik perlu untuk mendoakan saudara-saudari kita yang sudah meninggal.

Ada beberapa alasan yang perlu kita ketahui.
Dalam kitab 2makabe 12:44 “Jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati”. Gereja katolik memang sejak awal mula sudah memiliki kebiasaan untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal. 
Selain ajaran dasar dari kitab suci diatas, ajaran gereja yang lain yaitu tentang persekutuan orang beriman. Gereja Katolik berpandangan bahwa ada tiga kelompok orang beriman, yaitu Dunia untuk kita yang masih berziarah di dalam dunia ini, Purgatorium atau api pencucian, dan Surga. Maka untuk mereka yang sudah meninggal dan masih berada dalam api pencucian, doa itulah yang kita panjatkan bagi mereka. Api pencucian adalah tempat bagi orang yang sudah meninggal sebelum ia naik ke surga. Tempat dimana orang-orang yang sudah meninggal mempertanggung jawabkan segala perbuatannya selama hidup didunia. Apakah perbuatan baiknya lebih banyak dari dosa yang dilakukan, ataukah sebalikkya. Doa dari kita yang masih hidup didunia inilah yang bisa membantu mereka mempercepat proses naik ke dalam kerajaan Surga. 
Lalu bagaimana orang yang sudah meninggal dan sudah masuk kerajaan Surga, bagi mana dengan doa kita? Memang bagi mereka yang sudah masuk dalam kerajaaan Surga tidak lagi memerlukan doa kita yang masih hidup. Lalu bagaimana dengan doa kita? Tidaklah menjadi sia-sia apa yang kita doakan karena jika mereka sudah dalam kerajaan Surga maka doa yang kita panjatkan untuk mereka akan kembali menjadi berkat bagi kita sendiri.

BACA JUGA :

Persekutuan orang beriman tidak tepisahkan baik orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal. Karena meskipun terpisahkan oleh dunia yang berbeda tetapi kita tetap terhubung dalam doa dan cinta kasih. Maka dari itu tidak perlu ragu lagi untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Dalam setiap doa yang kita sampaikan itu mempunyai daya dan makna bagi orang yang kita doakan.

0 Response to "MENGAPA KATOLIK MENDOAKAN ORANG MATI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel