RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 8 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 8 JUNI 2024

Perayaan Wajib

Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria

Yes. 61:9-11; MT 1Sam. 2:4-5,6-7,8abcd; Luk. 2:41-51.

BcO Gal 5:25-6:18

Warna Liturgi Putih

Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah. Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu. Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya. Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka. Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia. Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya. Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau." Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?" Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka. Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.

Renungan 

“... dan Maria menyimpan perkara itu di dalam hatinya." Tentu yang sangat tahu situasi ini adalah Bunda Maria sendiri. Apa yang sebenarnya dirasakan oleh Bunda Maria? Banyak kisah yang dialami oleh Bunda Maria. Pada awal ia bertunangan dengan Yusuf dan mengandung dari Roh Kudus pun, Maria "tidak mudah memahami" apa yang ia alami. Maria tidak mudah dan tetap berjuang untuk memahami dan mengimani apa yang Allah kehendaki dalam hidupnya. 

Maria adalah pemilik hati yang terus bermenung dan beriman akan Allah. Bagaimana dengan kita yang hidup pada zaman sekarang, yang juga menghadapi banyak perkara dan persoalan kita masing-masing? Apakah kita akan tetap tahu dan sadar bahwa kita "tetap harus berani tinggal di rumah yang benar? Rumah kita adalah iman teguh kita akan campur tangan Tuhan. Atau kita keluar dari rumah kita dan entah lari ke mana? Melalui ungkapan Yesus, ketika la ditemukan dan ditanya, Yesus mengatakan,"Tidakkah engkau tahu bahwa Aku harus tinggal di rumah Bapa-Ku?" Yesus menegaskan kepada kita bahwa apa pun yang terjadi, seberat apa pun liku-liku kehidupan kita, tetaplah tinggal di rumah Bapa, sebagaimana yang dilakukan Bunda Maria. Dia tetap tinggal di rumah yang benar, yaitu keheningan hati. 

Bapa Maha Baik, Engkau tahu perjuangan hidup kami yang kerap kali tidak mudah. Ajarilah kami untuk tetap setia berada dalam iman dan jalan-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 8 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel