RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 8 MEI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 8 MEI 2024

Hari Biasa Pekan VI Paskah

Kis. 17:15.22-18:1; Mzm. 148:1-2,11-12ab,12c-14a,14bcd; Yoh. 16:12-15.

BcO Kis. 21:40-22:21

Warna Liturgi Putih

Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Renungan 

Roh Kudus disebut juga Roh Kebenaran karena la akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran. Kebenaran yang hendak dinyatakan adalah relasi antara Bapa, Yesus (Putra), dan Roh Kudus. Kita patut bersyukur karena kebenaran itu sudah diajarkan kepada kita. Tugas kita sekarang adalah hidup seturut iman kita itu dan mewartakannya kepada orang lain seperti yang dilakukan oleh Paulus dalam Bacaan Pertama (Kis.17:15.22-18:1). 

Meskipun Paulus lihai dalam mewartakan kebenaran tentang Allah kepada orang-orang di Atena dan tentunya dengan bantuan Roh Kebenaran, tetap ada saja yang menolak pewartaannya itu. Seperti Paulus, kita perlu mengantisipasi penolakan terhadap kebenaran yang kita wartakan. 

Hal lain yang dapat kita pelajari dari Paulus adalah menghargai kebenaran yang ada dalam agama dan budaya lain. Kita tidak boleh menghina atau menistakan kepercayaan orang lain karena berbeda kepercayaan dengan kita. Memang yang baik dan yang jahat mungkin masih bercampur dalam kepercayaan mereka, tetapi biarlah cahaya Kristus yang menerangi semua itu. Tugas kita adalah menawarkan kebenaran yang kita percaya dan membiarkan Roh Kebenaran menolong mereka menimbang-nimbang kepercayaan mereka. 

Ya Roh Kudus, berikanlah kepada kami Roh Kebijaksanaan. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 8 MEI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel