RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 9 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 9 APRIL 2024

Hari Biasa Pekan II Paskah

Kis 4:32-37; Mzm 93:1ab,1c-2,5; Yoh 3:7-15.

BcO Kis. 5:17-42

Warna Liturgi Putih

Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh." Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?" Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Renungan 

Kita sering mendengar kata reinkarnasi. Apakah reinkarnasi ini yang dimaksudkan Yesus dengan "dilahirkan kembali"? Tentu saja bukan. Yang dimaksudkan Yesus adalah dilahirkan kembali dari Roh sehingga seseorang tidak lagi hidup dalam dan oleh daging, tetapi hidup dalam dan oleh Roh. Dengan menghayati misteri Paskah, kita telah bersatu dengan Kristus yang wafat dan juga bersatu dengan Kristus yang bangkit, memiliki hidup baru, hidup dalam Roh. 

Cara hidup para rasul dan jemaat perdana merupakan contoh orang-orang yang "dilahirkan kembali", yang hidup dalam Roh. "Tidak seorang pun yang mengatakan bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah milik mereka bersama." Apakah semua dibagi sama rata? Tampaknya tidak, karena dikatakan juga "dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya". Inilah cara hidup baru para murid Yesus. 

Ya Allah, berilah kami keberanian untuk menanggalkan hidup lama kami dan memasuki hidup baru dalam Roh. Amin.  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 9 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel