RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 APRIL 2024)





RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 23 APRIL 2024

Georgius, Adalbertus

Kis. 11:19-26; Mzm. 87:1-3,4-5,6-7; Yoh. 10:22-30.

BcO Kis. 13:14b-43

Warna Liturgi Putih

Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin. Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami." Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu."

Renungan 

Yesus adalah "Pastor Bonus" , Gembala yang Baik. Domba-domba mendengarkan suara-Nya, dan la mengenal mereka. Kita ini kadang-kadang bagaikan domba yang mudah tersesat, mudah menjadi mangsa kekuatan yang dapat menghancurkan kita, yakni dosa, setan, dan tawaran-tawaran dunia yang bertentangan dengan Allah. Namun, domba yang mendengarkan suara Yesus, "Pastor Bonus", tidak perlu takut. Sang Gembala memimpin mereka ke padang rumput yang hijau dan sumber air yang tenang, kedamaian abadi, sukacita, dan persekutuan dengan Allah dan umat-Nya. la mengenal kita dan apa yang sungguh kita butuhkan, lebih daripada kita mengenal diri kita sendiri. 

Dalam Bacaan Pertama diceritakan bahwa "banyak saudara telah tersebar karena penganiayaan sesudah Stefanus dihukum mati". Kita pun akan menjumpai pencobaan, kesulitan, dan penderitaan. Kita bisa menghadapi sendiri atau kita mengikuti Yesus, Sang Gembala yang Baik, yang akan menuntun kita melewati setiap kesulitan ke tempat yang damai dan aman bersama Allah. "Arahkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup!" (Yes. 55:3). 

Ya Tuhan, bukalah telinga kami untuk mendengarkan suara-Mu, bukalah mata hati kami untuk memahami karya-karya-Mu, dan tuntunlah kami di jalan-Mu. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel