RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 21 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 21 APRIL 2024

HARI MINGGU PASKAH IV

Hari Minggu Panggilan

Kis. 4:8-12; Mzm. 118:1,8-9,21-23,26,28cd,29; 1Yoh. 3:1-2; Yoh. 10:11-18.

BcO Kis. 12:1-23.

Warna Liturgi Putih

 Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang-orang Farisi, "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. Akulah gembala yang baik. Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga; mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala! Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Renungan 

Minggu Paskah IV selalu dipersembahkan sebagai Minggu Panggilan, di mana kita diminta untuk mendoakan orang-orang yang dipanggil secara khusus sebagai imam, biarawan-biarawati. Kita juga mohon agar Sang Empunya tuaian mengutus semakin banyak pekerja untuk kebun anggur-Nya. 

Kita berdoa agar para gembala kita memiliki semangat dan sikap seperti Sang Gembala Sejati sebagaimana digambarkan dalam Injil hari ini. "Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya." Serigala-serigala yang diumpamakan oleh Yesus menjadi simbolisasi tantangan-tantangan bagi para gembala dan kawanan saat ini. Betapa sering kita melihat gembala-gembala yang tergoda untuk lari dan mencari keselamatannya sendiri, tanpa peduli dengan keselamatan para kawanannya. Ada yang berlindung dalam kekuasaannya, ada yang lari kepada hobi dan kesibukan sendiri, ada yang bersembunyi dalam kenyamanan. Namun, lebih banyak lagi gembala yang berdarah-darah melayani keselamatan dan kesejahteraan kawanannya. 

Karena kasih Allah yang begitu besar, kita telah diangkat sebagai anak-anak-Nya. Dalam Kristus kita mendapatkan jaminan keselamatan. Oleh karena itu, kita tidak perlu khawatir dengan "serigala-serigala" yang mengancam hidup kita. Kristus, Sang Gembala yang Baik menjadi jaminan yang akan membela kita. Ini juga yang menguatkan Petrus dan Yohanes dalam memberikan kesaksian di hadapan Mahkamah Agama. 

Tuhan, Engkaulah Gembala kami. Kami bersyukur karena Engkau tetap menyertai kawanan-Mu dengan mengutus gembala-gembala yang baik. Semoga kesaksian hidup mereka semakin menarik banyak orang muda untuk terpanggil secara khusus dalam tugas penggembalaan dan persembahan hidup yang total bagi-Mu dan Gereja-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 21 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel