RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 31 MARET 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 31 MARET 2024

HARI RAYA

PASKAH KEBANGKITAN TUHAN

Kis. 10:34a,37-43; Mzm. 118:1-2,16ab-17,22-23; Kol. 3:1-4 atau 1Kor. 5:6b-8; Yoh. 20:1-9.

Sore: Luk. 24:13-35.

BcO: Kel. 14:15-15:1; Yeh. 36:16-28; Rm. 6:3-11; Mat. 28:1-10

Warna Liturgi Putih

Renungan 

Kata Paskah berasal dari bahasa Ibrani yang berarti melangkah atau melewati. Bagi bangsa Paskah bertujuan mengenangkan karya keselamatan Allah pada waktu Dia membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Mereka menandai rumah-rumah mereka dengan darah anak domba sehingga ketika Yahwe melewati rumah-rumah mereka, bangsa Israel selamat. Selain itu, mereka dituntun melewati Laut Merah dengan selamat menuju Tanah Terjanji. Ketika Allah melewati maka selamatlah mereka. 

Dalam peristiwa Paskah, untuk menyelamatkan kita, Tuhan Yesus mampu pertama-tama melewati penderitaan dan wafat di kayu salib. Kedua, Tuhan Yesus mampu melewati dunia orang mati melalui turun ke tempat penantian dan bangkit dari antara orang mati. Skenario Allah untuk menyelamatkan kita umat manusia mengalahkan skenario kuasa kejahatan dan kegelapan. 

Kebahagiaan dan sukacita surgawi kita rasakan ketika merayakan Paskah. Kita dimampukan melewati 40 hari masa pantang dan puasa, pengolahan batin dan tubuh kita. Penderitaan membuahkan rahmat. Saya teringat ketika di pedalaman alangkah sukacita dan gembiranya ketika saya berhasil melewati jalan yang terjal. Ketika seharian naik perahu, naik motor harus masuk lumpur, motor ambruk di jalanan jelek, tertimpa motor, ban motor bocor, kaki terkena panasnya knalpot, menyusuri hutan, melewati tebing-tebing dengan berpegangan akar pohon, menyeberangi sungai berkali-kali tanpa jembatan. Semuanya dilewati dan akhirnya bisa berjumpa dengan umat yang juga dengan sukacita berjumpa dengan imamnya. Jangan takut melewati penderitaan, kesulitan, dan kematian. Dalam Allah ada optimisme, bukan pesimisme; keberanian, bukan ketakutan; serta kehidupan, bukan kematian. Kristus bangkit. Alleluia. Selamat Paskah. 

Ya Tuhan Yesus, semoga kami selalu setia dan bisa selalu melewati saat-saat yang sulit dalam hidup kami. Dengan penuh rahmat-Mu kami bersukacita. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 31 MARET 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel