RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 8 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 8 JANUARI 2024

Pesta Pembaptisan Tuhan

Yes. 55:1-11; MT Yes. 12:2-3,4bcd,5-6; 1Yoh. 5:1-9; Mrk. 1:7-11.

BcO Yes 49:1-9.

Warna Liturgi Putih

Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus." Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Renungan :

Di Sungai Yordan, keilahian Yesus ditampakkan lewat peristiwa langit terbuka dan Roh Kudus yang turun ke atas-Nya dalam rupa burung merpati, serta suara Allah Bapa yang berkata, "Engkaulah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Mulah Aku berkenan" (Mrk. 1 : 11). Dalam hal ini, Bapa di surga sendirilah yang mengungkapkan siapa Yesus, Putra kesayangan-Nya. Pewahyuan itu bukan hanya untuk Yohanes dan orang-orang Yahudi, melainkan untuk kita juga. Yesus, Putra Bapa yang terkasih, yang dinyatakan kepada orang-orang Yahudi di Sungai Yordan, terus menyatakan diri kepada kita setiap hari. Di dalam doa, dalam Ekaristi, di dalam dan melalui saudara-saudara kita, serta dalam pembaptisan yang telah kita terima yang menjadikan kita anak-anak dari Bapa yang sama. Oleh karena itu, kita patut bertanya, "Apakah aku mengenali kehadiran-Nya, cinta-Nya dalam hidupku? 

Dalam pergumulan hidup yang sering kali tidak mudah, kita pun ingin mendengar sabda Bapa, "Engkaulah anak-Ku yang terkasih, kepadamulah Aku berkenan." Bukan karena perbuatan baik dan kesalehan yang membuat kita berkenan kepada-Nya, melainkan semata-mata karena cinta dan belas kasih-Nya. 

Ya Bapa, semoga keyakinan kami akan kasih-Mu yang tanpa syarat selalu membawa kami lebih dekat pada-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 8 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel