RENUNGAN HARIAN KATOLIK - INSPIRASI BATIN (SENIN, 8 JANUARI 2024)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

(INSPIRASI BATIN)

SENIN, 8 JANUARI 2024

Pesta Pembaptisan Tuhan

Yes. 55:1-11; MT Yes. 12:2-3,4bcd,5-6; 1Yoh. 5:1-9; Mrk. 1:7-11.

BcO Yes 49:1-9.

Warna Liturgi Putih

RENUNGAN :

Dalam kalender liturgi, Pesta Pembaptisan Tuhan diletakkan untuk mengakhiri lingkaran Natal sebelum memasuki Masa Biasa, dan merupakan "kisah iman" yang terjadi di Sungai Yordan dalam rangka mewujudkan rencana Bapa yang indah untuk menyelamatkan dan menebus manusia berdosa. Sesudah 30 tahun hidup sebagai tukang kayu di tengah keluarga kudus di Desa Nazaret, Yesus mengambil sebuah keputusan yang tegas untuk meninggalkan Nazaret dan masuk dalam gerakan pembaruan yang dirintis Yohanes Pembaptis. Gerakan pembaruan itu tiada lain adalah gerakan kembali kepada panggilan sebagai umat Allah, gerakan untuk berdamai dengan Allah. 

Di Sungai Yordan, Yesus berkenan dibaptis oleh Yohanes Pembaptis dalam rangka memenuhi panggilan Allah Bapa untuk menyelamatkan kita orang berdosa. Secara sukarela Yesus menyatukan diri dengan orang berdosa, senasib dengan mereka, agar dapat membebaskannya dari belenggu dosa, demikianlah ditemukan jalan kembali kepada Allah. Melalui pembaptisan, Yesus menunjukkan bela rasa-Nya kepada kita manusia pendosa. Roh Kudus turun ke atas diri Yesus menjadi pemakluman resmi dan pengukuhan dari Allah bahwa Yesus adalah Putra Allah yang terkasih. Pembaptisan-Nya di Sungai Yordan menandai pembaptisan yang baru. 

Melalui Sakramen Baptis, kita manusia diberi kesempatan menerima hidup ilahi. Dengan kelahiran baru dari air dan Roh kudus, kita juga diperkenankan menjadi anak-anak terkasih kesayangan Bapa. Oleh karena itu, pada pesta hari ini mari kita kenangkan dan syukuri rahmat pembaptisan sekaligus kita tegaskan lagi komitmen janji baptis, yakni berpaling dan menjauhkan diri dari dosa dan siap terus bertumbuh dan berkembang dalam iman, harapan, dan kasih sebagai anak kesayangan Bapa. (Romo Frans Nipa, Pr.) 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK - INSPIRASI BATIN (SENIN, 8 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel