RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 26 JANUARI 2024

Perayaan Wajib St. Timotius dan Titus

2Tim. 1:1-8 atau Tit. 1:1-5; Mzm. 96:1-2a.2b-3.7-8a.10; Luk. 10:1-9.

BcO Kej 24:33-41.49-67

Warna Liturgi Putih

Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan. Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

Renungan 

Hari ini kita merayakan Santo Timotius dan Titus, para uskup. Kita bersyukur ketika mengenang kemurahan hati dan pengabdian kedua murid Santo Paulus ini. Mereka telah menghadapi banyak kesulitan dalam pengajaran mereka, tetapi mereka tetap setia. Mereka mampu bangkit dari segala kesusahan dan telah memberikan kesaksian pemberian hidup. 

Seperti 72 murid yang diutus, kita juga dipanggil dan diutus oleh Tuhan untuk bersaksi, untuk menjadi kolaborator-Nya. Paulus dalam misinya jelas dibantu oleh para kolaborator, seperti Santo Timotius dan Titus yang mampu mewartakan Injil ke berbagai tempat di Asia Kecil, sekaligus meneguhkan iman beberapa komunitas Kristiani yang membutuhkan dukungan mereka. 

Ke mana pun mereka sebagai utusan Tuhan pergi, mereka diutus membawa damai Tuhan. Damai adalah sekaligus buah dari pewartaan Injil. Damai, shalom, adalah harmoni batin yang mendalam dalam relasi dengan diri sendiri, dengan orang lain, dengan lingkungan, dan dengan Tuhan. Kedamaian batin adalah hadiah paling berharga yang bisa kita berikan kepada orang lain. Iman, harapan, dan kasih adalah kunci menuju kedamaian itu. 

Tuhan, tambahkanlah selalu iman, harapan, dan kasih kami. Semoga karenanya kami selalu membawa damai ke mana pun kami melangkah. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel