RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 25 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 25 DESEMBER 2023

HARI RAYA NATAL

warna liturgi putih

Renungan 

Penginjil Yohanes tidak menceritakan bagaimana Tuhan Yesus lahir. Akan tetapi, ia merefleksikan secara mendalam peristiwa kelahiran itu. la menyebut Yesus sebagai Firman Allah, Dia yang menciptakan segala sesuatu dan Firman itu adalah Allah sendiri. Peristiwa kelahiran Tuhan Yesus lalu menjadi misteri inkarnasi Allah yang masuk ke dalam sejarah dunia yang fana, terbatas oleh ruang dan waktu. "Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita." 

Kelahiran Tuhan Yesus menunjukkan kasih dan kebaikan Tuhan, yang rela turun dari takhta kemuIiaan-Nya dan masuk ke dalam dunia yang fana. Peristiwa iman ini terjadi karena cinta kasih-Nya pada manusia, untuk membebaskan kita dari kematian akibat dosa dan mengangkat kembali martabat kita sebagai orang-orang yang diselamatkan. Inilah kabar sukacita yang kita rayakan dengan meriah dan penuh rasa syukur saat Natal. Namun, pada saat yang sama, refleksi Yohanes Penginjil mengajak kita untuk juga berinkarnasi, masuk ke dalam pengalaman riil kehidupan sehari-hari. Seperti Tuhan Yesus yang hadir membawa pembaruan, keselamatan, dan pengharapan bagi manusia, demikian pula kita melakukan perbuatan-perbuatan baik sebagai ungkapan aktif dari iman akan Allah. Kita Ialu menjadi perpanjangan tangan Tuhan bagi diri sendiri dan sesama dalam menghadapi aneka persoalan dan tantangan hidup. 

Ya Bapa, perayaan kelahiran Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus, membawa sukacita bagi kami. Semoga kami juga dikuatkan untuk selalu hadir bagi sesama yang membutuhkan perhatian dan bantuan dalam hidup sehari-hari. Amin.  


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 25 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel