RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 12 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 12 DESEMBER 2023

St. Perawan Maria Guadalupe

Yes. 40:1-11; Mzm. 96:1-2,3,10ac,11-12,13; Mat. 18:12-14.

BcO Yes. 24:18b-25:5

Warna Liturgi Ungu

"Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."

Renungan 

Masa Adven adalah kesempatan untuk berbenah diri. Menantikan kedatangan Tuhan dengan berbagai upaya kreatif dalam rangka pertobatan dan pembaruan hidup. Nabi Yesaya menyerukan, "Siapkan di padang gurun jalan bagi Tuhan, luruskan di padang belantara jalan bagi Tuhan, setiap lembah harus ditutup, setiap gunung dan bukit harus diratakan." Tentu yang ia maksudkan yaitu perilaku hidup kita yang salah, kebiasaan-kebiasaan buruk, semua yang menyimpang dari kebenaran. Persiapan rohani untuk menyambut Tuhan yang akan datang mengakhiri masa perhambaan bagi umat pilihan-Nya. 

Yesus dalam cerita Injil hari ini menyatakan Tuhan senantiasa mengasihi umat-Nya. la bahkan berinisiatif untuk mencari mereka yang jatuh dalam dosa dan menjauh dari-Nya seperti gembala yang mencari domba gembalaan yang hilang. "Bapamu yang di surga tidak menghendaki seorang pun dari anak-anaknya ini hilang. 

Mari kita memanfaatkan hari-hari masa Adven im untuk kembali mendekatkan diri pada Tuhan, memulihkan relasi dengan sesama dan alam lingkungan. Kita diberi kesempatan untuk merayakan Sakramen Tobat agar hati kita layak menyambut kedatangan Tuhan yang akan kita rayakan pada perayaan Natal. 

Ya Tuhan, kiranya upaya tobat dan pembaruan diri yang kami lakukan pada masa Adven ini membuat kami layak menyambut kedatangan-Mu dan membawa berkat bagi kehidupan selanjutnya. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 12 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel