RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 23 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU,  23 DESEMBER 2023

Yohanes dr Kety

Mal. 3:1-4; 4:5-6; Mzm. 25:4bc-5ab,8-9,10,14; Luk. 1:57-66.

BcO Yes. 51:1-11

Warna Liturgi Ungu

Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki. Ketika tetangga-tetangganya serta sanak saudaranya mendengar, bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang begitu besar kepadanya, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan dia. Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan anak itu dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya, tetapi ibunya berkata: "Jangan, ia harus dinamai Yohanes." Kata mereka kepadanya: "Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian." Lalu mereka memberi isyarat kepada bapanya untuk bertanya nama apa yang hendak diberikannya kepada anaknya itu. Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: "Namanya adalah Yohanes." Dan merekapun heran semuanya. Dan seketika itu juga terbukalah mulutnya dan terlepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata dan memuji Allah. Maka ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea. Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: "Menjadi apakah anak ini nanti?" Sebab tangan Tuhan menyertai dia.

RENUNGAN

Tuhan senantiasa memerhatikan dan menjawab kerinduan hati umat-Nya. la mendengar doa-doa yang mereka sampaikan dengan penuh iman. Pengalaman iman inilah yang dirasakan keluarga Zakaria dan Elisabet ketika anak yang telah lama mereka rindukan akhirnya lahir. 

Kelahiran Yohanes Pembaptis menjadi tanda berkat Tuhan bagi keluarga sederhana itu. Oleh karena itu, mereka taat mengikuti kehendak Tuhan, termasuk dalam memberi anak itu nama. Mereka pun bersukacita bersama sanak saudara dan orang-orang sekampung. Kehadiran anak merupakan kerinduan kebanyakan keluarga. Anak membuat sukacita dan kebahagiaan perkawinan menjadi lebih sempurna. Kita belajar dari Zakaria dan Elisabet untuk percaya pada penyelenggaraan Tuhan. Allah senantiasa menyertai keluarga dengan berkat-Nya, terutama dengan menghadirkan anak. Oleh karena itu, baiklah kita selalu memberi ruang bagi karya Tuhan dalam diri kita. 

Ya Bapa, kami percaya Engkau senantiasa menyertai keluarga kami dengan berkat-Mu yang melimpah. Semoga perayaan kelahiran Tuhan Yesus membawa sukacita dalam keluarga kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 23 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel