RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 6 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 6 DESEMBER 2023

Nikolaus

Yes. 25:6-10a; Mzm. 23:1-3a,3b-4,5,6; Mat. 15:29-37.

BcO Yes. 5:1-7

Warna Liturgi Ungu

Setelah meninggalkan daerah itu, Yesus menyusur pantai danau Galilea dan naik ke atas bukit lalu duduk di situ. Kemudian orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta, orang bisu dan banyak lagi yang lain, lalu meletakkan mereka pada kaki Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya. Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan mereka memuliakan Allah Israel. Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan." Kata murid-murid-Nya kepada-Nya: "Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?" Kata Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil." Lalu Yesus menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh.

Renungan :

Bacaan-bacaan suci hari ini menampilkan perutusan Tuhan Yesus sebagai pemenuhan nubuat para nabi. Dalam Bacaan Pertama, kita mendengar Nabi Yesaya menubuatkan suatu masa ketika Tuhan datang dan berkuasa di Gunung Sion. Kerajaan-Nya diliputi suasana aman, damai, dan sejahtera. 

Selanjutnya, Injil Matius menceritakan Tuhan Yesus yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib. Dan melalui tanda-tanda heran itu, la mau menyatakan bahwa Kerajaan Allah itu sudah hadir di dunia seperti dinubuatkan oleh para nabi. la menyembuhkan orang-orang sakit dan melipatgandakan roti. 

Namun, tidak semua orang menyambut kedatangan Tuhan. Banyak dari mereka menolak bahkan membunuh Dia. Orang-orang itu tentu tidak mengalami suasana penuh berkat dari kerajaan yang ditawarkan Allah. Sebaliknya, mereka yang menanggapi pewartaan Tuhan Yesus dengan iman, mengalami berkat dalam hidup mereka. 

Tidak hanya dahulu, sekarang pun Tuhan berkarya. la senantiasa menyertai kita umat pilihan-Nya. Kita diajak menyambut perayaan kedatangan-Nya pada pesta Natal dengan iman yang mantap. Agar kita pun boleh mengalami Kerajaan Allah sekarang dan di akhirat nanti. 

Ya Tuhan, hati kami terbuka bagi kedatangan-Mu. Biarlah damai sejahtera senantiasa kami rasakan dalam hidup setiap hari yang ntenjadi tanda penyertaan-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 6 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel