RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 4 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 4 JANUARI 2024

Hari Biasa Masa Natal

1Yoh. 3:7-10; Mzm. 98:1,7-8,9; Yoh. 1:35-42.

BcO Kid 6:3-7:10

Warna Liturgi Putih

Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya. Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!" Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?" Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat. Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)." Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Renungan :

Yesus dalam Injil hari ini berkata, "Mari dan lihatlah," ketika dua murid Yohanes Pembaptis bertanya kepada-Nya di mana Dia tinggal. Ini adalah undangan pertama Yesus untuk "datang" kepada-Nya. Ternyata waktu singkat tinggal bersama Yesus telah mengubah hidup mereka. Di kemudian hari, la mengundang mereka lagi dengan berkata, "Ikutlah aku, dan kamu akan kujadikan penjala manusia" (Mrk. 1 : 17) dan sejak itu mereka menjadi pengikut setia Yesus mewartakan kabar gembira. Dengan kata lain, pertama-tama Dia mengundang untuk melihat dan mengenal, lalu diajak bersama Dia untuk menjadi pewarta kabar baik. 

Jika kita sungguh punya pengalaman personal dengan Kristus, kita dapat "menunjukkan" Dia kepada orang lain. Sebagaimana yang dilakukan Yohanes, dia hanya mengarahkan murid-muridnya kepada Kristus, lalu mereka pergi dan melihatnya sendiri. Setelah kita ditarik dan dikenal oleh Yesus, kita akan terdorong untuk membawa orang lain kepada-Nya. Andreas tidak bisa menyimpan rahasia untuk dirinya sendiri. Dia mulai bersaksi. Dia menjadi perekrut bagi Kristus. Dia mencari saudaranya Simon, dan membawanya kepada Yesus. 

Tuhan, semoga kami dikuatkan oleh perjumpaan dengan-Mu sehingga kami siap menjadi pewarta kasih setia-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 4 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel