RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 5 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 5 JANUARI 2024

Hari Biasa Masa Natal

1Yoh. 3:11-21; Mzm. 100:2,3,4,5; Yoh. 1:43-51.

BcO Kid 7:11-8:7

Warna Liturgi Putih

Mari, kekasihku, kita pergi ke padang, bermalam di antara bunga-bunga pacar! Mari, kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku kepadamu! Semerbak bau buah dudaim; dekat pintu kita ada pelbagai buah-buah yang lezat, yang telah lama dan yang baru saja dipetik. Itu telah kusimpan bagimu, kekasihku! O, seandainya engkau saudaraku laki-laki, yang menyusu pada buah dada ibuku, akan kucium engkau bila kujumpai di luar, karena tak ada orang yang akan menghina aku! Akan kubimbing engkau dan kubawa ke rumah ibuku, supaya engkau mengajar aku. Akan kuberi kepadamu anggur yang harum untuk diminum, air buah delimaku. Tangan kirinya ada di bawah kepalaku, tangan kanannya memeluk aku. Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem: mengapa kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya? Siapakah dia yang muncul dari padang gurun, yang bersandar pada kekasihnya? -Di bawah pohon apel kubangunkan engkau, di sanalah ibumu telah mengandung engkau, di sanalah ia mengandung dan melahirkan engkau. -Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN! Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.

Renungan :

Yesus memanggil Filipus. Rupanya Filipus mengalami sesuatu yang istimewa dengan Yesus dan ia tidak bisa menahannya sendiri. Maka, ia mengabarkannya kepada Natanael agar Natanael juga mengalami apa yang dia alami bersama Yesus. Sayangnya, Natanael ragu dan tidak percaya bahwa seorang Mesias bisa datang dari Nazaret. Nazaret memang terlalu kecil untuk menjadi tempat yang penting. Daripada berdebat, Filipus mengajak, "Mari dan lihatlah!" 

Sebenarnya, berdebat dengan orang jarang membuat mereka menerima Injil, tetapi perjumpaan dengan Yesus, kalau kita membawa mereka kepada-Nya, dapat mengubah hidup mereka selamanya. Natanael menemukan di dalam Yesus lebih dari apa yang dia impikan dan harapkan. Natanael mungkin saja haus akan pengetahuan tentang Tuhan. la sangat ingin mengenal Tuhan secara pribadi. Sebab Tuhan menempatkan di dalam hati kita kerinduan dan keinginan untuk mengenal Dia yang menciptakan kita, Itulah sebabnya Agustinus dari Hippo, yang menemukan Tuhan setelah bertahun-tahun mengembara dalam ketidakpercayaan dan kegelapan, berseru, "Engkau telah menjadikan kami untuk diri-Mu sendiri, ya Tuhan!" 

Ya Tuhan, gelisah hatiku selama belum istirahat pada-Mu! Bilakah aku akan jumpa, dan memandang wajah-Mu? Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 5 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel