RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 16 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 16 OKTOBER 2023

Hedwig, Margarita Maria Alacoque

Rm. 1:1-7; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Luk. 11:29-32.

BcO Yer. 1:1-19

Warna Liturgi Hijau

Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

Renungun

Dalam Injil, ditunjukkan bahwa orang-orang Farisi dan para pemimpin agama pada zaman Yesus pernah menuntut tanda dari-Nya, bukan untuk meminta supaya doa mereka dikabulkan, melainkan untuk membuktikan keabsahan dari pengakuan-pengakuan Yesus sebagai utusan Bapa. Mereka tidak sedang meminta petunjuk dari Allah, tetapi menantang-Nya. Yesus menjawab, "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus." Respons Yesus itu tidak dimaksudkan untuk mencegah orang mencari petunjuk dari Allah. Sebaliknya, Yesus memperlihatkan kelemahan mereka yang telah mengabaikan nubuat-nubuat dalam Kitab Suci yang dengan jelas mengisyaratkan bahwa Dia adalah Mesias. 

Allah ingin mendewasakan iman kita dengan cara mendorong kita menemukan petunjuk dan arahan-Nya melalui doa (bdk. Yak. 1:5). Dia juga memberikan bimbingan dan bahkan menjanjikan seorang penolong dalam wujud Roh Kudus (bdk. Yoh. 14:26). Dia menyediakan para pembina rohani dan pemimpin yang bijak dalam diri para rasul-Nya. Dia telah memberikan kita teladan yang konkret dalam diri Yesus. Apakah hal ini masih kurang sehingga kita masih menuntut tanda yang lain lagi? 

Meminta Allah untuk memberikan bimbingan dan arahan yang jelas memang merupakan sikap yang bijaksana, tetapi yang perlu kita ingat, Tuhan tidak selalu memberikan petunjuk-Nya dengan cara yang kita harapkan atau kita inginkan. Kita harus percaya, pasti tanda terbaik akan diberikan oleh-Nya, asal kita peka pada tanda zaman yang diberikan Tuhan kepada kita. Kita diundang untuk semakin mengenali sifat-sifat Allah dan menikmati hubungan pribadi yang semakin erat dengan Allah, Bapa kita. 

Ya Bapa, Engkau telah menganugerahkan hidup kepada kami. Bantulah kami untuk bertanggungjawab mengembangkannya. Sadarkanlah kami untuk tidak menuntut terlalu banyak tanda dari-Mu, tetapi yakin dan percaya sepenuhnya bahwa Yesus adalah Mesias yang Kauutus bagi kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 16 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel