RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 17 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 17 OKTOBER 2023

Peringatan Wajib

St. Ignasius dr Antiokhia

Rm. 1:16-25; Mzm. 19:2-3,4-5; Luk. 11:37-41;

BcO Yer. 2:1-13,20-25

Warna Liturgi Merah

Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan. Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan. Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam? Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

Renungan 

Pada hakikatnya, 'kemunafikan' berbicara tentang tindakan seseorang yang mengklaim percaya sesuatu, namun tindakannya berseberangan dengan klaim itu. Istilah yang dipakai dalam Alkitab berasal dari istilah Yunani yang berarti 'aktor', secara harfiah 'seseorang yang mengenakan topeng.' Dengan kata lain, seseorang yang berpura-pura menjadi sesuatu yang berbeda dari kenyataannya. 

Alkitab menyebut kemunafikan sebagai dosa. Ada dua bentuk kemunafikan: pertama, menyatakan percaya sesuatu, kemudian bertindak berlawanan dengan keyakinan itu; kedua, memandang rendah orang lain meskipun kita sendiri bercela. Bacaan Injil hari ini dengan sangat gamblang menggambarkan situasi dan realitas kemunafikan itu. Yesus mengecam kemunafikan orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. 

Kemunafikan berbeda dengan upaya menen!ang dosa: Kita tidak sempurna, kita harus mengakui bahwa kita berdosa. Munafik jika kita mengimbau bahwa mabuk adalah dosa, tetapi kita mabuk-mabukan setiap akhir pekan. Sebagai anak-anak Allah, kita diimbau untuk berusaha hidup kudus(bdk. 1Ptr. 1:16). Kita harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik (bdk.Rm.12:9). Kita tidak boleh menerima dosa, terutama dalam kehidupan pribadi kita. 

Ya Allah, gerakkanlah diri kami untuk hidup sesuai hati nurani sehingga kami selalu menjadi pribadi yang autentik dan konsisten dengan apa yang kami intani. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 17 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel