RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 24 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 24 OKTOBER 2023

Antonius Maria Claret

Rm. 5:12,15b,17-19,20b-21; Mzm. 40:7-8a,8b-9,10,17; Luk. 12:35-38.

BcO 2Taw. 35:20-36:12

Warna Liturgi Hijau

"Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.

Renungan :

Saat berkendara, kita tidak saja harus setia menaati peraturan lalu lintas, tetapi juga menjaga diri untuk selalu waspada dan berjaga-jaga, sebab, kadang tiba-tiba ada kendaraan Iain yang menyelonong atau ada hal yang mengagetkan kita, Jika jalanan padat, kita harus berhati-hati supaya tidak terjadi hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Kesetiaan dan Sikap waspada atau berjaga-jaga tidak saja dalam hal lahiriah, tetapi juga dalam hal rohani, Gcreja mengajak kita untuk memiliki sikap waspada dan berjaga-jaga. 

Dalam Injil hari ini, Yesus mengingatkan kita, "Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan," Seperti halnya kalau kita berkendara, sikap waspada dan berjaga-jaga menjadi sarana untuk membantu kita fokus dan tidak kehilangan arah. Sepanjang hidup, kita diajak mempersiapkan diri guna menyambut kedatangan Anak Manusia. Bacaan Injil hari ini mengajak kita menyambut Tuhan dalam konteks kedatangan-Nya yang kedua. Kapan Tuhan datang, tidak ada yang mengetahuinya, Tuhan memberikan gambaran kedatangan-Nya melalui perumpamaan seorang tuan yang pulang dari pesta perkawinan dan mendapati para hambanya berjaga-jaga. Dalam konteks hari penghakiman bagi seluruh manusia, karena kedatangan Anak Manusia itu tak tentu waktunya, maka Yesus pun mengingatkan kita berhati-hati, waspada dan berjaga-jaga seperti seorang hamba yang menunggu tuannya pulang, "karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta"(bdk. Mrk. 13:35).

Inti sabda Tuhan hari ini adalah ajakan bagaimana kita membangun kesetiaan iman yang penuh tanggung jawab untuk menyambut kedatangan-Nya. Kita adalah hamba Tuhan yang diserahi tanggung jawab masing-masing sesuai tugas kita (bdk. Mrk. 13:34). Tugas kita adalah menjaga kesetiaan iman, bukan hanya dalam mempertahankan, melainkan juga mengembangkan sehingga pada saat Tuhan datang, kita mampu memberi kembali harta milik Tuhan itu dengan hasil melimpah. 

Ya Allah, doronglah kami untuk mempersiapkan diri dengan bersikap waspada sehingga pada saat Anak Manusia datang, kami didapatinya setia berjaga dalam terang kedatangan Putra-Mu Yesus. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 24 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel