RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 21 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 21 OKTOBER 2023

Hari biasa

Rm. 4:13,16-18; Mzm. 105:6-7,8-9,42-43; Luk. 12:8-12.

BcO Yer. 9:2-12,17-22

Warna Liturgi Hijau

Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan."

RENUNGAN

Pernahkah Anda menyangkal Yesus?" Pertanyaan ini terasa aneh bagi mereka yang sangat mengimani Yesus. Dan, mungkin kita akan langsung menjawab, "Tidak mungkin!" Di tengah dan di hadapan umat, kita mengatakan tidak mungkin, dengan gagah kita mengatakan bahwa kita adalah umat setia yang tidak mungkin menyangkal iman kepada Yesus Kristus. Kita mengatakan bahwa masalah apa pun tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih setia Tuhan. 

Mungkin itu juga yang terjadi dengan diri Petrus. Ketika Yesus berkata kepada murid-murid-Nya mengenai goncangan iman akan menimpa mereka, Petrus dengan lantang menjawab, "Biar pun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak!" (Mat. 26:31- 33). Dengan begitu yakin dan pongah Petrus mengatakan komitmen untuk tidak menyangkal Yesus. Akan tetapi, kenyataannya, Alkitab mencatat bahwa ketika masalah timbul dan menimpa hidupnya, Petrus menyangkal Yesus sebanyak tiga kali. 

Betapa sedih hati Tuhan melihat kita menyangkal Dia hanya karena sebuah jabatan, perkawinan, atau merasa sendirian di tengah mayoritas, dan alasan-alasan lain. Bayangkan raut wajah Yesus ketika Dia berpaling dan memandang Petrus saat Petrus menyangkal diri-Nya (bdk. Luk. 22:61). Yesus sudah mengatakan di dalam Matius 10:33 bahwa barang siapa menyangkal diri-Nya di depan manusia, Dia juga akan menyangkal mereka di depan Bapa-Nya yang di surga. Bahkan lebih ditegaskan lagi dalam Surat Rasul Paulus kepada Timotius (2 Tim. 2: 1 1 -12), "Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia; jika kita bertekun, kita pun akan ikut memerintah dengan Dia; jika kita menyangkal Dia, Dia pun akan menyangkal kita." Karena itu, agar kita turut memerintah bersama dengan Yesus di surga kelak, dalam segala keadaan, jangan pernah menyangkal Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat kita. 

Ya Bapa Yang Mahakudus, jadikanlah kami murid-murid-Mu yang kuat mengimani Yesus, Putra-Mu, sebagai Juru Selamat sehingga kami kelak ditemukan sebagai pengikut-Nya yang setia. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 21 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel