RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 20 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 20 OKTOBER 2023

Hari biasa

Rm. 4:1-8; Mzm. 32:1-2,5,11; Luk. 12:1-7.

BcO Yer. 7:1-20.

Warna Liturgi Hijau

Sementara itu beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan. Lalu Yesus mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi. Tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah. Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekorpun dari padanya yang dilupakan Allah, bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

RENUNGAN

Yesus selalu hadir bagi kita semua. Kita diundang untuk mengenali kehadiran-Nya, terutama saat badai kehidupan menimpa, kesedihan melanda, saat ketakutan dan pencobaan menghadang kita. Saat kita mengalami pencobaan, Yesus selalu ada bersama kita dengan sabda yang meneguhkan, "Mengapa kalian begitu takut? Mengapa kalian tidak percaya?" 

Sebagaimana disebutkan dalam Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma (4: 1-8) , Abraham diteguhkan karena imannya, ketika kita mengalami ketakutan dan Yesus hadir, di situ sebenarnya kita mengalami suatuformatio iman. Apa maksudnya? Iman adalah anugerah Allah bagi kita. Iman membuka mata, budi, dan hati kita untuk memahami dan menerima kebenaran yang diwahyukan Allah kepada kita. Karena iman, kita mampu terhubung dengan Allah secara benar dan penuh keteguhan, dengan kepercayaan dan cinta. Jika kita ingin hidup, bertumbuh dan bertahan dalam iman, kita harus membiarkan sabda Allah mengembangkan kita. 

Kita tidak perlu takut menghadapi begitu banyak kesulitan, penindasan, dan pencobaan dalam hidup kita sehari-hari. Jangan biarkan ketakutan merampas iman, kepercayaan, dan relasi kita dengan Allah. Iman mesti memampukan kita memeluk sabda kebenaran dan kasih Allah dengan penuh keyakinan dan menghayatinya dengan penuh pengharapan akan janji Allah, "karena itu, jangan takut, karena kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit" (Luk. 12: 7) 

Ya Allah, tambahkanlah iman kami agar kami mampu menghalau segala macam kecemasan dan ketakutan, terutama saat kami menghadapi begitu banyak kesulitati' penindasan, dan pencobaan hidup. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 20 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel