RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 14 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 14 OKTOBER 2023

Kalistus I

Yl. 3:12-21;

Mzm. 97:1-2,5-6,11-12;

Luk. 11:27-28.

Warna Liturgi Hijau

Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau." Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

RENUNGAN:

Setiap orang ingin bahagia. Apakah kita termasuk orang yang bahagia? Jika ya, apa yang membuat kita bahagia? Apakah itu keluarga, pekerjaan, atau kegiatan ibadah? Atau kita mungkin sedang menanti sesuatu yang menyenangkan, seperti lulus sekolah, mendapat pekerjaan yang baik atau membeli mobil baru? Banyak orang merasa senang saat mereka berhasil melakukan sesuatu atau mendapatkan apa yang mereka inginkan. Akan tetapi, berapa lama mereka merasa senang? Sayangnya, kerap hanya sebentar. 

Apa kata Kitab Suci tentang kebahagiaan? Dalam Mazmur 1 19:1 dikatakan, "Berbahagialah orang yang berjalan tanpa cela, yang berjalan menurut hukum Yahwe." Dalam Injil Lukas yang kita baca hari ini, Yesus mendefinisikan arti kebahagiaan. Menurut Yesus, yang berbahagia di hadapan Allah adalah "mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya." Inilah kriteria kebahagiaan menurut Yesus, bukan soal apa yang mereka miliki atau apa yang mereka peroleh dalam hidup, melainkan soal bagaimana mengisi hidup mereka dengan mendengarkan firman Tuhan dan tekun memeliharanya. Memelihara berarti melakukan apa yang diperintahkan dalam firman Tuhan. Orang yang bahagia di mata Yesus berarti mereka yang mendengarkan dan melakukan firman Allah dalam kehidupan mereka sehari-hari. Firman Tuhan menjadi dasar seluruh perkataan dan perbuatannya. 

Berbahagiakah kita dengan hidup kita saat ini? Jika belum, mari kita belajar dari Bunda Maria. Dia adalah sosok yang berbahagia karena tidak hanya mendengarkan firman Tuhan, tetapi juga melakukannya. Hidupnya memancarkan firman Allah dan bahkan Sang Firman telah menjadi manusia melalui dirinya. 

Ya Allah, tambahkan iman kami agar kami mampu menjadi pendengar dan pelaku firman sehingga firman-Mu benar-benar hidup dalam perbuatan kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 14 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel