RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 2 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 2 OKTOBER 2023

Peringatan Wajib Para Malaikat Pelindung

Kel 23:20-23a; Mzm 91:1-2.3-4.5-6.10-11; Mat 18:1-5.10.

BcO Mi. 6:1-15

Warna Liturgi Putih

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku." Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Renungan :

Di antara kita mungkin pernah mendengar bahwa setiap pribadi mempunyai malaikat pelindung masing-masing. Cerita ini sangat populer ketika kita mengikuti sekolah minggu. Malaikat pelindung adalah makhluk Tuhan yang diberikan tugas untuk membimbing serta melindungi manusia dari hal-hal buruk. Kepercayaan terhadap malaikat pelindung ini sudah ada sejak zaman kuno dan masih banyak diyakini hingga saat ini. 

Hari ini, Gereja merayakan peringatan para Malaikat Pelindung. Dalam Injil, Yesus menunjuk anak kecil sebagai yang empunya Kerajaan Surga, karena dari sosok mereka kita akan menjumpai ketulusan dan kejujuran. Nilai-nilai seperti itulah yang menjadi ciri khas para malaikat pelindung kita, mereka menjadi pelindung dari segala hal buruk. Maka, tidak salah jika kemudian Gereja Katolik menggambarkan sosok malaikat pelindung dengan wajah-wajah seorang anak kecil dengan segala kepolosan dan ketulusannya. 

Bagaimana dengan hidup kita? Bisakah kita menjadi malaikat pelindung bagi sesama? Malaikat dalam bahasa Inggris disebut Angel. Kita dipanggil untuk menjadi Angel bagi satu sama lain. Menjadi seorang Angel berarti ajakan untuk menghidupi semangat ketulusan dan kejujuran dalam hidup sehari-hari. Be an Angel for others! 

Ya Allah, semoga lewat doa dan hidup kami, para malaikat-Mu hadir untuk melindungi kami masing-masing sehingga kami boleh menjadi berkat dan pelindung bagi sesama. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 2 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel